Pengembangan Interaksi dan Aplikasi Realitas X Untuk Perencanaan Operasi Pemotongan Mandibula

Saputro, Wahyu Tri (2024) Pengembangan Interaksi dan Aplikasi Realitas X Untuk Perencanaan Operasi Pemotongan Mandibula. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201217-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201217-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Bedah rahang adalah salah satu prosedur medis yang paling penting dalam pengobatan berbagai penyakit, seperti rekonstruksi rahang, pemulihan fungsi rahang, dan perbaikan penampilan wajah. Untuk menjalani prosedur bedah rahang, terutama yang melibatkan transplantasi fibula atau tulang betis, diperlukan persiapan yang cermat. Sebagai persiapan, tahap operasi bedah rahang biasanya memanfaatkan model cetak 3D atau manekin anatomi manusia. Namun, metode ini menghadapi masalah seperti biaya tinggi, waktu yang lama, dan tidak dapat diakses. Perencanaan bedah rahang dapat dilakukan dengan teknologi Realitas X (XR), yang lebih hemat biaya dan memungkinkan pengalaman bedah mendalam dalam dunia virtual. Penggunaan XR dalam perencanaan bedah rahang memungkinkan ahli bedah memanipulasi objek secara rinci dalam ruang visualisasi tiga dimensi. Dalam kasus ini, aplikasi XR membantu menentukan tempat, ukuran, dan jarak prosedur pemotongan tulang, sehingga mengurangi biaya dan waktu persiapan. Skenario pengujian aplikasi adalah partisipan akan mencoba aplikasi dan diberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan, kemudian partisipan mengisi kuisioner untuk menilai aplikasi. Semua orang yang berpartisipasi diminta untuk mencoba tiga interaksi yang berbeda, tetapi masing-masing memiliki tujuan yang sama: melakukan proses pemotongan tulang mandibula. Jika aplikasi termasuk dalam kategori tidak dapat diterima, marjinal, atau dapat diterima, pengujian System Usability Scale akan memberikan skor nilai untuk aplikasi tersebut. Pengujian performa akan membandingkan interaksi mana yang paling cepat diselesaikan dan apakah ada perbedaan signifikan pada setiap interaksi. Mereka berharap bahwa penggunaan aplikasi XR akan sangat membantu ahli bedah merencanakan prosedur bedah rahang dengan baik, sekaligus mengurangi waktu dan biaya.
========================================================================================================================
Jaw surgery is one of the most important medical procedures in the treatment of various
diseases, such as jaw reconstruction, restoration of jaw function and improvement of facial
appearance. Undergoing a jaw surgery procedure, especially one that involves a fibula or shank
bone transplant, requires careful preparation. In preparation, the operative stage of jaw surgery
usually utilizes 3D printed models or human anatomy mannequins. However, this method faces
problems such as high cost, long time and inaccessibility. Jaw surgery planning can be done
with X Reality (XR) technology, which is more cost-effective and allows for an immersive
surgical experience in a virtual world. The use of XR in jaw surgery planning allows surgeons
to manipulate objects in detail in a three-dimensional visualization space. In this case, the XR
application helps determine the place, size, and distance of the bone cutting procedure, thereby
reducing costs and preparation time. The app testing scenario is that participants will try the
app and be given tasks to complete, then participants fill out a questionnaire to rate the app. All
participating people were asked to try three different interactions, but each had the same goal:
to perform the mandibular bone cutting process. If the application falls into the unacceptable,
marginal, or acceptable category, the System Usability Scale test will provide a value score for
the application. Performance testing will compare which interaction is the fastest to complete
and whether there is a significant difference in each interaction. They hope that the use of XR
applications will greatly help surgeons plan jaw surgical procedures well, while reducing time
and costs.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Realitas X (XR), Kedokteran, Unity, Bedah Rahang, Extended Reality (XR), Medical, Unity, Jaw Surgery.
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD755.6 Bone substitutes.
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wahyu Tri Saputro
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:29
Last Modified: 01 Aug 2024 05:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110676

Actions (login required)

View Item View Item