Perencanaan Dan Perancangan Gedung Parkir Motor Departemen Teknik Sipil ITS

Nusantara, Azriel Bachtiar (2024) Perencanaan Dan Perancangan Gedung Parkir Motor Departemen Teknik Sipil ITS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201043-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201043-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

Dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi yang cepat di perkotaan seperti Kota Surabaya, kebutuhan akan fasilitas seperti pendidikan, bisnis, dan perdagangan semakin meningkat. Namun, kurangnya kebijakan pemerintah dalam mengatur lalu lintas menyebabkan peningkatan penggunaan kendaraan pribadi. Di samping itu, transportasi umum yang belum memadai membuat orang lebih memilih kendaraan pribadi, khususnya di daerah. Survei menunjukkan dominasi kendaraan pribadi, khususnya motor, sebagai pilihan utama, yang mengakibatkan kebutuhan fasilitas parkir yang lebih besar. Pusat-pusat pendidikan, termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) khususnya Departemen Teknik Sipil di Surabaya, Jawa Timur, juga menghadapi masalah parkir yang serius, terutama untuk motor. Solusi yang diusulkan adalah pembangunan tempat parkir dua lantai dengan menggunakan bahan baja di lokasi parkir yang ada. Dalam penelitian ini akan menggunakan data berupa jumlah kendaraan disaat kondisi peak hour, dimana akan berguna dalam menentukan karakteristik ruang parkir yang tersedia. Serta menggunakan data dari departemen untuk menentukan jadwal terpadat demi menentukan kondisi peak hour tersebut untuk mendapatkan Solusi yang optimal. Proposal ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan lahan parkir di ITS, memenuhi kebutuhan parkir yang meningkat, dan meningkatkan kenyamanan serta jalannya perkuliahan. Harapan kedepannya yaitu dengan adanya proposal ini dapat menjadi sebuah alternatif dalam Pembangunan di Departemen Teknik Sipil ITS. Studi ini menganalisis karakteristik parkir dan merencanakan Gedung Parkir Motor dua lantai di Departemen Teknik Sipil ITS berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa volume parkir mencapai 347 kendaraan dengan akumulasi parkir maksimum 280 kendaraan, durasi rata-rata parkir 1,99 jam, kapasitas parkir 77,6 SRP, dan indeks parkir maksimum 360%. Turnover kendaraan adalah 4,47 kendaraan, dengan kebutuhan ruang parkir sebesar 173 SRP. Peak hour terjadi pada pukul 09:00 – 13:00 WIB. Lahan tersedia seluas 772 m² dengan 750 m² digunakan untuk perencanaan gedung parkir. Gedung direncanakan memiliki dua lantai dengan kapasitas masing-masing lantai 180 kendaraan. Desain struktural gedung parkir meliputi penggunaan pelat tangga dari baja dengan ketebalan 100 mm dan pelat ramp dari beton dengan ketebalan 150 mm, yang menggunakan penulangan D13 – 150 dan D13 – 200. Balok anak direncanakan menggunakan profil WF 250.125.5.8, sementara balok induk menggunakan profil WF 250.125.6.9, dan kolom menggunakan profil WF 300.300.10.15. Jarak shear connector pada balok anak baja adalah 300 mm dan pada balok induk baja adalah 400 mm. Sambungan struktur baja meliputi baseplate, balok anak dengan balok induk, balok induk dengan kolom, dan kolom dengan kolom
========================================================================================================================
Rapid urban population and economic growth in cities like Surabaya, the demand for facilities such as education, business, and trade is increasing. However, a lack of government policies in traffic management has led to an increase in private vehicle usage. Additionally, inadequate public transportation infrastructure encourages people to prefer private vehicles, especially in suburban areas. Surveys indicate the dominance of private vehicles, particularly motorcycles, as the primary choice, resulting in a greater need for parking facilities. Educational institutions, including the Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) specifically the Department of Civil Engineering in Surabaya, East Java, also face serious parking issues, especially for motorcycles. The proposed solution is the construction of a two-story parking facility using steel materials at the existing parking location. This research will utilize data on the number of vehicles during peak hours to determine the characteristics of available parking space. It will also use departmental data to identify peak hour schedules to obtain optimal solutions. The aim of this proposal is to address the shortage of parking space at ITS, meet the increasing parking demand, and improve the comfort and flow of academic activities. This study analyzes the parking characteristics and plans a two-story motorcycle parking building at the Department of Civil Engineering, ITS, based on the relevant Indonesian National Standards (SNI). The analysis results show that the parking volume reaches 347 vehicles with a maximum parking accumulation of 280 vehicles, an average parking duration of 1.99 hours, a parking capacity of 77.6 SRP, and a maximum parking index of 360%. Vehicle turnover is 4.47 vehicles, with a parking space requirement of 173 SRP. Peak hours occur between 09:00 – 13:00 WIB. The available land area is 772 m², with 750 m² used for the parking building planning. The building is planned to have two floors, each with a capacity of 180 vehicles. The structural design of the parking building includes the use of steel stair plates with a thickness of 100 mm and concrete ramp plates with a thickness of 150 mm, reinforced with D13 – 150 and D13 – 200. The secondary beams are designed using WF 250.125.5.8 profiles, while the main beams use WF 250.125.6.9 profiles, and the columns use WF 300.300.10.15 profiles. The shear connector spacing on the steel secondary beams is 300 mm and on the steel main beams is 400 mm. The steel structure connections include baseplates, secondary beams with main beams, main beams with columns, and columns with columns.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Pribadi, Fasilitas Ruang Parkir, Departemen Teknik Sipil ITS, Peak Hour, Gedung Parkir Motor, Perencanaan Baja,Private Vehicles, Parking Facilities, ITS Department of Civil Engineering, Peak Hour, Motorcycle Parking Building, Steel Planning.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Azriel Bachtiar Nusantara
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:50
Last Modified: 05 Aug 2024 01:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110696

Actions (login required)

View Item View Item