Analisis Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Proyek Penggantian Jembatan Perningkloji Dengan Metode Hirarc

Ajinegara, M.Erlangga (2024) Analisis Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Proyek Penggantian Jembatan Perningkloji Dengan Metode Hirarc. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000151_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000151_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan kerja adalah suatu yang tidak terencana, tidak terkontrol, dan suatu yang tidak
diperkirakan sebelumnya sehingga mengganggu efektivitas kerja seseorang. Penyebab
kecelakaan kerja dibagi menjadi lima, yaitu faktor man, tool/machine, material, method,
environment, bahan baku dan faktor lingkungan. Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan
Jembatan (UPT PJJ) Mojokerto Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa
Timur merupakan perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang penyediaan dan pengujian
pada pekerjaan jalan dan jembatan yang sedang mengerjakan proyek penggantian jembatan dari
dimulai penghancuran jembatan sampai dengan proses pembangunan jembatan selesai.
=========================================================================================================
Proses pengurangan risiko kecelakaan yang digunakan dalam analisis risiko untuk
mengurangi angka kecelakaan kerja adalah Hazard Identification, Risk Assessment, dan Risk
Control (HIRARC), HIRARC adalah serangkaian proses mengidentifikasi bahaya yang dapat
terjadi dalam aktifitas rutin ataupun non rutin untuk mencegah dan mengurangi potensi
terjadinya kecelakaan kerja dengan memberikan penilaian dalam Risk Assessment serta
mengendalikan menggunakan Risk Control.
===================================================================================================
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan
pengendalian risiko dengan menggunakan metode HIRARC di proyek penggantian jembatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, pembagian kuesioner dan wawancara.
Dalam proses identifikasi dan analisis menggunakan studi literatur dan observasi lapangan
terhadap aktivitas pekerjaan yang ada dalam proyek penggantian jembatan. Hasil penelitian
dapat diketahui bahwa terdapat variabel H-High sebanyak 12 identifikasi bahaya dengan angka
tertinggi pada uraian pekerjaan pembangunan jembatan bailey sebesar 18 pada skala prioritas.
Pada uraian pekerjaan yang memiliki angka pada skala prioritas tertinggi dalam uraian
pekerjaan jembatan bailey, Pengendalian risiko yang diusulkan berdasarkan piramida risiko
mengenai eliminasi, subtitusi, perancangan, administrasi dan APD (Alat Pelindung Diri) adalah
Memasang safetyline pada pekerja untuk proses pemasangan, Memberi batas/pagar pengaman
jalan yang dilalui, melakukan brifing pada workshop sebelum melakukan pekerjaan,
memastikan operator memiliki surat keterangan kerja aktif, memberikan safetyline pada pekerja
saat pemasangan jembatan dan memasang rambu-rambu di area proyek.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: K3, Jembatan, Identifikasi Bahaya, Risk Assessment, HIRARC K3, Bridge, Hazard Identification, Risk Assessment, HIRARC
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M.ERLANGGA AJINEGARA
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:13
Last Modified: 02 Aug 2024 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110787

Actions (login required)

View Item View Item