Rancang Bangun Back-end Aplikasi SIAR Halal Menggunakan Pendekatan Domain-driven Design dan Onion Architecture

Aryputra, Haidar Fico Ramadhan (2024) Rancang Bangun Back-end Aplikasi SIAR Halal Menggunakan Pendekatan Domain-driven Design dan Onion Architecture. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201185-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
5025201185-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim sekitar 244 juta. Setiap penganut agama tersebut membutuhkan penjaminan atas kehalalan dari produk yang mereka konsumsi. Sehingga, dicetuskan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang di antara lain memiliki isi yang mewajibkan seluruh produk yang beredar di Indonesia memiliki sertifikasi halal. Dalam rangka mencapai tujuan dari undang-undang tersebut, Kementrian Agama Republik Indonesia meluncurkan sebuah program bernama Sehati yang menargetkan satu juta sertifikasi halal UMK secara gratis dengan proses self-declare. Akan tetapi, evaluasi dari penjalanan program tersebut dinilai tidak memuaskan, dengan salah satu alasan paling besar merupakan kurangnya partisipasi dari pendamping sertifikasi halal. Oleh karena itu, dikembangkan sebuah aplikasi SIAR (Sistem Informasi Augmented Reality), yang memiliki tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan ketertarikan dari pendamping yang berada di bawah naungan PKH ITS dengan mengimplementasikan fitur-fitur gamifikasi. Aplikasi yang dikembangkan akan menggunakan pendekatan Domain Driven Design dan arsitektur onion architecture. Penerapan Domain Driven Design akan dilakukan dengan cara memodelkan cakupan dari proses bisnis menjadi sebuah domain. Domain tersebut akan selanjutnya dipecahkan lagi untuk membantu penjabaran seluruh cakupan aplikasi dari skala seluruh aplikasi sampai dengan bagian-bagian individu. Model dari aplikasi yang telah dimodelkan akan diimplementasikan ke dalam arsitektur onion architecture yang melapiskan kode menjadi beberapa lapis. Diharapkan dengan dikembangkan aplikasi ini, tingkat ketertarikan dan partisipasi dari pendamping PKH ITS dapat meningkat, sehingga dapat menambah jumlah produk dari kalangan UMK yang telah mendapatkan sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Domain-driven Design, Gamifikasi, Onion Architecture, Sertifikasi Halal Self-Declare. Domain-driven Design, Gamification, Onion Architecture, Self-Declare Halal Certification.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haidar Fico Ramadhan Aryputra
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:26
Last Modified: 02 Aug 2024 01:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110792

Actions (login required)

View Item View Item