Analisis Pengembangan Desain Interior & Dashboard Kendaraan Mobil Listrik Untuk Lansia Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus Wuling Air Ev)

Nugraha, Wahyu Adi (2024) Analisis Pengembangan Desain Interior & Dashboard Kendaraan Mobil Listrik Untuk Lansia Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus Wuling Air Ev). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201166-Undergraduate_Thesis ..pdf] Text
5010201166-Undergraduate_Thesis ..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia menunjukkan adanya peningkatan jumlah lansia dari tahun ke tahun. Dari tahun 2010 penduduk lansia mengalami peningkatan dari 5% pada tahun 2010 menjadi 10,6% pada tahun 2035. Meningkatnya jumlah penduduk lansia di Indonesia membutuhkan perhatian dari berbagai pihak salah satunya terkait dengan aspek mobilitas dan transportasi yang menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk lansia yang aktif menjalani kehidupan. Salah satu enabler bagi lansia untuk menjadi lansia aktif yang melakukan mobilitas adalah adanya fasilitas transportasi yang memadai dan aman untuk lansia. Salah satu kendaraan yang saat ini sedang berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi adalah adanya kendaraan mobil listrik di mana salah satunya adalah mobil listrik Wuling Air EV. Hingga saat ini masih belum ada kajian yang melakukan evaluasi desain secara spesifik untuk user segmen tertentu khususnya lansia. Oleh karena itu, evaluasi terhadap desain eksisting secara lebih lanjut akan sangat membantu lansia dalam mempersiapkan kendaraan yang aman dan nyaman untuk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait kebutuhan dan ekspektasi dari lansia terhadap mobil listrik yang aman dan nyaman bagi mereka. Dalam penelitian ini telah digunakan metode Kansei Engineering untuk menggali secara lebih dalam terkait kebutuhan dan keinginan lansia terhadap desain interior dan dashboard mobil listrik. Selain itu, untuk menunjang Kansei Engineering, juga telah digunakan metode lainnya seperti retrospective think aloud. Hal ini digunakan supaya evaluasi yang dilakukan dapat secara terstruktur dan komprehensif di mana retrospective think aloud berperan untuk mengevaluasi tingkat usability dari sistem eksisting untuk mengukur tingkat efektivitas, efisiensi, dan juga kepuasan user sehingga dapat dijadikan sebagai input dalam menyusun kansei words. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh 13 pasang kansei words yang terpilih dan dikelompokkan kembali menjadi empat komponen kansei meliputi ‘kemudahan penggunaan’, ‘tampilan monitor head unit’, ‘tampilan kabin interior’, dan ‘kemewahan dan kecanggihan’. Kemudian, empat komponen tersebut dijadikan sebagai dasar untuk mengidentifikasi elemen desain yang berpengaruh yang kemudian akan dijadikan dasar untuk menyusun rancangan perbaikan dari desain interior dan dashboard mobil listrik Wuling Air EV.
====================================================================================================================================
According to data from the Indonesian Central Bureau of Statistics, there has been an increase in the elderly population year by year. From 2010, the elderly population increased from 5% in 2010 to 10.6% in 2035. The rising number of elderly individuals in Indonesia requires attention from various parties, especially regarding mobility and transportation aspects, which are crucial for actively living elderly individuals. One enabler for the elderly to become active and mobile is the availability of transportation facilities that are adequate and safe for the elderly. One vehicle that is currently developing and keeping up with technological advancements is the electric car, one example being the Wuling Air EV. Currently, there are no studies evaluating the design for specific user segments, particularly the elderly. Therefore, further design development will greatly assist the elderly in preparing a safe and comfortable vehicle for them. In this research, the Kansei Engineering method will be used to explore more deeply the needs and desires of the elderly for the interior and dashboard design of electric cars. This research aims to analyse the needs and expectations of the elderly for electric cars that are safe and comfortable for them. In addition, to support Kansei Engineering, other methods such as retrospective think aloud are also used. This is used so that the evaluation can be structured and comprehensive where retrospective think aloud will play a role in evaluating the usability level of the existing system to measure the level of effectiveness, efficiency, and user satisfaction so that it can be used as input in compiling Kansei words. Based on the analysis that has been conducted, 13 pairs of kansei words were selected and regrouped into four kansei components, which include 'ease of use,' 'head unit monitor display,' 'interior cabin display,' and 'luxury and sophistication.' These four components are used as the basis for identifying influential design elements, which subsequently serve as the foundation for formulating improvements to the interior and dashboard design of the Wuling Air EV electric car.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: interior, kansei engineering, lansia, mobil listrik, usabilitas ======================================================================================================================== electric vehicle, elderly, interior, kansei engineering, usability
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wahyu Adi Nugraha
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:24
Last Modified: 31 Jul 2024 02:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110829

Actions (login required)

View Item View Item