Analisis Kawasan Resapan dan Saluran Drainase Berdasarkan Visualisasi 3D Genangan Banjir

Srikandi, Nadhira (2024) Analisis Kawasan Resapan dan Saluran Drainase Berdasarkan Visualisasi 3D Genangan Banjir. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6016221012-Master_Thesis.pdf] Text
6016221012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Banjir di daerah perkotaan sebagian besar disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dengan sistem drainase yang kurang memadai, perubahan penggunaan lahan yang tidak sesuai dan kurangnya mitigasi terhadap banjir tersebut. Surabaya tergolong dalam daerah zona musiman dengan hujan berkala, dimana genangan banjir terjadi karena fungsi lahan penyimpanan air dan sistem drainase yang kurang memadai. Pemodelan 3D pada wilayah kota adalah representasi lingkungan perkotaan, seperti dapat memperjelas ketinggian genangan banjir yang berdampak pada bangunan dan infrastruktur sekitar, serta mengestimasi dampak tersebut terhadap kapasitas drainase dan kawasan resapan untuk perencanaan jangka panjang. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan 3D genangan banjir menggunakan data LiDAR dan foto udara yang diintegrasikan dengan data SIG lainnya. Simulasi genangan banjir dilakukan menggunakan metode unsteady flow dan pemodelan 3D bangunan dilakukan menggunakan metode semi otomatis. Penelitian ini menghasilkan genangan banjir dengan ketinggian 0,01 m hingga 5,43 m pada kawasan Jalan Mayjend Sungkono – Jalan Adityawarman, dimana parameter yang paling mempengaruhi terjadinya genangan adalah kondisi terrain di lokasi tersebut. Perubahan ketinggian terrain yang cukup signifikan dari area barat ke timur dan genangan yang terakumulasi pada lahan terbangun, menghalangi infiltrasi air ke dalam tanah dan menghambat aliran genangan air menuju saluran drainase. Dari visualisasi 3D genangan banjir, didapatkan jumlah area yang terdampak genangan yang terdiri dari 1100 bangunan dan 30 jaringan jalan. Selain itu, kawasan resapan yang ada di lokasi studi memiliki tingkat infiltrasi yang tergolong rendah, sementara hanya 5 dari 10 saluran yang memiliki kapasitas saluran memadai dan mampu untuk mengalirkan debit genangan yang terjadi. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi menyeluruh untuk meningkatkan efektivitas pengaliran air ke pembuangan akhir.

=============================================================

Flooding in urban areas is primarily caused by high rainfall combined with inadequate drainage systems, inappropriate land use changes, and insufficient flood mitigation efforts. Surabaya is categorized as a seasonal zone with periodic rainfall, where flooding occurs due to inadequate water storage functions and drainage systems. 3D modeling in urban areas serves as a representation of the urban environment, clarifying the floodwater heights impacting buildings and infrastructure and estimating the effects on drainage capacity and absorption areas for long-term planning. In this study, 3D flood inundation modeling was conducted using integrated LiDAR data and aerial photographs with other GIS data. Flood inundation simulation was performed using the unsteady flow method, and 3D building modeling was carried out using a semi-automated method. The study produced flood inundation depths ranging from 0.01 m to 5.43 m in Mayjend Sungkono – Adityawarman area, which the parameter that most influences the occurrence of inundation is the terrain condition of the location. Significant changes in terrain elevation from the western to the eastern areas and accumulation of floodwaters on built-up land impeded water infiltration into the soil and hindered the drainage flow towards the drainage channels. From the 3D visualization of flood inundation, the affected areas included 1,100 buildings and 30 road networks. Additionally, the absorption areas in tis area have low natural infiltration potential, while only 5 out of 10 drainage channels had sufficient capacity to handle the flood discharge. Therefore, a comprehensive evaluation is needed to enhance the effectiveness of water drainage to the final disposal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Banjir, Fotogrametri, LiDAR, Model 3D ========================================================== 3D Modeling, Flooding, LiDAR, Photogrammetry
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB1399.9 Floods
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Nadhira Srikandi
Date Deposited: 04 Aug 2024 01:22
Last Modified: 04 Aug 2024 01:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110876

Actions (login required)

View Item View Item