Hidayat, Hilmy Habibi Noor (2024) Penanganan Kerusakan Jalan Kota Surabaya Menggunakan Perbandingan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga 2011 (Studi Kasus Jalan Mayjend HR. Muhammad). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5012201162-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penanganan kerusakan jalan sangat penting untuk menjaga kualitas infrastruktur dan mobilitas masyarakat. Jalan yang rusak tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan tetapi juga membahayakan keselamatan, meningkatkan biaya operasional kendaraan, dan menyebabkan kerugian ekonomi. Penanganan yang tepat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan kota dengan meningkatkan konektivitas antarwilayah. Jalan Mayjend HR. Muhammad di Surabaya memiliki volume lalu lintas yang sangat padat, sehingga perbaikan jalan sangat penting bagi keselamatan pengendara.
Penelitian ini menggunakan dua metode untuk penanganan kerusakan jalan, yaitu Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga 2011 (SDI). Jalan dibagi menjadi segmen sepanjang 100 meter, dan data kerusakan diperoleh melalui pengamatan visual di lapangan. Hasil analisis menunjukkan perbedaan hasil antara kedua metode. Dengan metode PCI, Jalan Mayjend HR. Muhammad memiliki 4 segmen dengan kondisi baik, 10 segmen dengan kondisi cukup, 15 segmen dengan kondisi sedang, dan 11 segmen dengan kondisi buruk. Metode Bina Marga 2011 (SDI) menunjukkan 28 segmen dengan kondisi baik dan 12 segmen dengan kondisi sedang.
Penanganan kerusakan dengan metode Bina Marga 2011 (SDI) melibatkan pemeliharaan rutin untuk 27 segmen, pemeliharaan berkala untuk 1 segmen, dan pelapisan ulang (overlay) untuk 12 segmen. Metode PCI menunjukkan pemeliharaan rutin untuk 14 segmen, pemeliharaan berkala untuk 15 segmen, dan overlay untuk 11 segmen. Overlay terdiri dari lapisan AC-BC setebal 6 cm dan AC-WC setebal 4 cm. Total anggaran untuk metode Bina Marga 2011 (SDI) adalah Rp 2.507.269.000, sementara metode PCI memerlukan Rp 2.301.692.000.==========================================================================================================
Handling road damage is very important to maintain the quality of infrastructure and community mobility. Damaged roads not only cause inconvenience but also endanger safety, increase vehicle operating costs, and cause economic losses. Proper handling supports economic growth and city development by increasing connectivity between regions. Jalan Majjen HR. Muhammad in Surabaya has a very heavy traffic volume, so road improvements are very important for motorist safety.
This research uses two methods for handling road damage, namely Pavement Condition Index (PCI) and Bina Marga 2011 (SDI). The road was divided into 100 meter segments, and damage data was obtained through visual observations in the field. The analysis results show differences in results between the two methods. Using the PCI method, Jalan Mayjend HR. Muhammad has 4 segments in good condition, 10 segments in fair condition, 15 segments in moderate condition, and 11 segments in poor condition. The 2011 Highways Method (SDI) shows 28 segments in good condition and 12 segments in moderate condition.
Handling damage using the Bina Marga 2011 (SDI) method involves routine maintenance for 27 segments, periodic maintenance for 1 segment, and resurfacing (overlay) for 12 segments. The PCI method shows routine maintenance for 14 segments, periodic maintenance for 15 segments, and overlay for 11 segments. The overlay consists of a 6 cm thick AC-BC layer and a 4 cm thick AC-WC layer. The total budget for the 2011 Highways (SDI) method is IDR 2,507,269,000, while the PCI method requires IDR 2,301,692,000.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Damage, PCI, SDI, Handling, Budget, Kerusakan, PCI, SDI, Penanganan, Anggaran |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | HILMY HABIBI NOOR HIDAYAT |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:00 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/110890 |
Actions (login required)
View Item |