FAHMI, SYAHRIAL and PRADANA, BARRY SEPTIAN (2016) PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA SBY81+050 – 84+050 KABUPATEN MALANG – PROPINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3109030052-075-Abstract.pdf - Published Version Download (278kB) | Preview |
Preview |
Text
3109030052-075-Non Degree.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
3109030052-075-conclusion.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Ruas jalan Karanglo-Pendem merupakan jalan kolektor
primer yang menghubungkan kota singosari dengan kota batu
yang terletak di Kabupaten Malang. Ruas jalan ini memiliki
kondisi eksisting dengan lebar badan jalan (Wc) 6 meter dan
bahu jalan selebar 2 meter yang menggunakan tipe jalan 2/2 UD
(2 lajur 2 arah). Ruas jalan ini merupakan ruas jalan yang
sangat penting dalam perhubungan, karena ruas jalan ini
berfungsi mendistribusikan barang maupun jasa di wilayah
kabupaten malang. Oleh karena itu ruas jalan karanglo – pendem
memerlukan peningkatan jalan sebagai upaya untuk memberikan
kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.
Proyek akhir ini bertujuan untuk mencari kebutuhan
kapasitas jalan pada kondisi sebelum dan sesudah pelebaran
dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia
(MKJI) jalan perkotaan, 1997. Mencari kebutuhan tebal
perkerasan yang di gunakan untuk pelebaran jalan dengan
menggunakan metode Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur
Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, 1987,
Mengetahui kebutuhan tebal lapis tambahan (overlay) dengan
Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Alat Benkleman
Beam. Mengetahui Kontrol geometrik jalan dengan
menggunakanTata Perencanaan Geometrik Antar Kota 1997
(TPGJAK 1997). Perencanaan drainase dengan menggunakan
metode SNI-03-342-1994 ( Tata Cara Perencanaan Drainase
Permukaan Jalan), Dan rencana anggaran biaya menggunakan
HSPK (Harga Satuan Pokok Kegiatan) kabupaten Malang.
Hasil perencanaan peningkatan jalan Karanglo-Pendem
dengan umur rencana 8 tahun, diperoleh nilai DS eksisting
(Degree of Saturation) > 0,75, Maka dibutuhkan pelebaran
dengan lebar badan jalan yang semula 6 meter menjadi 9 meter
dan lebar bahu jalan 2 meter. Serta susunan konstruksi
perkerasan untuk pelebaran setinggi 10 cm Laston (MS 744), 15
cm Batu Pecah kls A (CBR 90%), 28 cm sirtu kls C (CBR 50%),
20 cm Stabilisasi Tanah Dasar (CBR 10%). Sedangkan dari
perhitungan overlay, ruas jalan Karanglo-Pendem overlay masih
belum di butuhkan. Kontrol alinyemen horizontal yang
menghasilkan alterrnatif geometrik lengkung horizontal dan
lengkung vertical. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk
segi empat dengan bahan dari beton diperoleh dimensi saluran b
=1m dan H = 1m. Rencana anggaran biaya untuk perencanaan
peningkatan ruas jalan Karanglo-Pendem ini sebesar Rp.
5.640.692.910. Dengan peningkatan ruas jalan Karanglo-
Pendem ini, diharapkan jalan ini dapat berfungsi dengan baik
serta mampu melayani beban lalu lintas yang cukup berat sesuai
dengan umur yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.725 Fah p |
Uncontrolled Keywords: | Pelebaran, Drainase |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 02:47 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 07:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1109 |
Actions (login required)
View Item |