PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA SBY81+050 – 84+050 KABUPATEN MALANG – PROPINSI JAWA TIMUR

FAHMI, SYAHRIAL and PRADANA, BARRY SEPTIAN (2016) PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA SBY81+050 – 84+050 KABUPATEN MALANG – PROPINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3109030052-075-Abstract.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109030052-075-Non Degree.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109030052-075-conclusion.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ruas jalan Karanglo-Pendem merupakan jalan kolektor primer yang menghubungkan kota singosari dengan kota batu yang terletak di Kabupaten Malang. Ruas jalan ini memiliki kondisi eksisting dengan lebar badan jalan (Wc) 6 meter dan bahu jalan selebar 2 meter yang menggunakan tipe jalan 2/2 UD (2 lajur 2 arah). Ruas jalan ini merupakan ruas jalan yang sangat penting dalam perhubungan, karena ruas jalan ini berfungsi mendistribusikan barang maupun jasa di wilayah kabupaten malang. Oleh karena itu ruas jalan karanglo – pendem memerlukan peningkatan jalan sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Proyek akhir ini bertujuan untuk mencari kebutuhan kapasitas jalan pada kondisi sebelum dan sesudah pelebaran dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) jalan perkotaan, 1997. Mencari kebutuhan tebal perkerasan yang di gunakan untuk pelebaran jalan dengan menggunakan metode Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, 1987, Mengetahui kebutuhan tebal lapis tambahan (overlay) dengan Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Alat Benkleman Beam. Mengetahui Kontrol geometrik jalan dengan menggunakanTata Perencanaan Geometrik Antar Kota 1997 (TPGJAK 1997). Perencanaan drainase dengan menggunakan metode SNI-03-342-1994 ( Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan), Dan rencana anggaran biaya menggunakan HSPK (Harga Satuan Pokok Kegiatan) kabupaten Malang. Hasil perencanaan peningkatan jalan Karanglo-Pendem dengan umur rencana 8 tahun, diperoleh nilai DS eksisting (Degree of Saturation) > 0,75, Maka dibutuhkan pelebaran dengan lebar badan jalan yang semula 6 meter menjadi 9 meter dan lebar bahu jalan 2 meter. Serta susunan konstruksi perkerasan untuk pelebaran setinggi 10 cm Laston (MS 744), 15 cm Batu Pecah kls A (CBR 90%), 28 cm sirtu kls C (CBR 50%), 20 cm Stabilisasi Tanah Dasar (CBR 10%). Sedangkan dari perhitungan overlay, ruas jalan Karanglo-Pendem overlay masih belum di butuhkan. Kontrol alinyemen horizontal yang menghasilkan alterrnatif geometrik lengkung horizontal dan lengkung vertical. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk segi empat dengan bahan dari beton diperoleh dimensi saluran b =1m dan H = 1m. Rencana anggaran biaya untuk perencanaan peningkatan ruas jalan Karanglo-Pendem ini sebesar Rp. 5.640.692.910. Dengan peningkatan ruas jalan Karanglo- Pendem ini, diharapkan jalan ini dapat berfungsi dengan baik serta mampu melayani beban lalu lintas yang cukup berat sesuai dengan umur yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.725 Fah p
Uncontrolled Keywords: Pelebaran, Drainase
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:47
Last Modified: 26 Dec 2018 07:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item