Pengembangan Mainan Figur Pandawa Lima dengan Gaya Budaya Populer dan Integrasi Video Game

Sholahudin, Miftah Adnan (2024) Pengembangan Mainan Figur Pandawa Lima dengan Gaya Budaya Populer dan Integrasi Video Game. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311940000010-Undergraduate_Thesis for S1 program.pdf] Text
08311940000010-Undergraduate_Thesis for S1 program.pdf

Download (11MB)

Abstract

Mudahnya masyarakat mengonsumsi budaya populer dapat dimanfaatkan sebagai media penyebaran serta pelestarian budaya lokal. Budaya lokal yang dapat memanfaatkan fenomena tersebut adalah wayang, kesenian adiluhung yang juga karya yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan dan memberikan pelajaran yang baik bagi penikmatnya. Perlu dilakukan upaya pelestarian dengan salah satunya adalah mengangkat wayang menggunakan media budaya populer yaitu designer toys dan video game. Perancangan dimulai dengan pengumpulan data primer dari interview terhadap expert serta kuesioner terhadap calon pengguna, dan data sekunder dari jurnal, artikel, buku, penelitian terdahulu, dan produk eksisting. Data tersebut diolah untuk melakukan berbagai studi dan analisis mengenai pop culture, wayang, karakter wayang yang akan diangkat, designer toys, positioning produk, user persona, kebutuhan, preferensi, dan lain sebagainya. Hasil studi dan analisis tadi akan digunakan untuk menciptakan design requirements and objectives yang selanjutnya akan digunakan untuk menciptakan konsep desain. Konsep desain ini dijadikan basis untuk membuat sketsa ideasi produk yang kemudian beberapa dipilih sebagai alternatif dan kembali dipilih hingga menjadi desain final. Dari desain final tersebut akan dijadikan menjadi prototype produk final. Konsep desain untuk produk ini adalah collectible dan urban sci-fi, dimana produk dirancang agar dapat dikoleksi serta tokoh wayang diadaptasi dan diapropriasi ke dalam gaya sci-fi yang populer terutama bagi masyarakat perkotaan dan mancanegara. Produk luaran berupa lima mainan figur berartikulasi dengan skala 1:12 yang mengangkat adaptasi tokoh Pandawa lima ke dalam gaya urban sci-fi, yang disertai aksesoris berupa senjata, beberapa set tangan, standing base, serta chip yang dilengkapi teknologi NFC tag yang dapat di-scan untuk mendapatkan virtual goods dalam aplikasi maupun video game terkait yang mendukungnya.
================================================================================================
The ease with which people consume popular culture can be used as a medium for disseminating and preserving local culture. The local culture that can take advantage of this phenomenon is wayang, a noble art which is also a work full of life values and provides good lessons for those who enjoy it. Conservation efforts need to be made, one of which is raising puppets using popular culture media, namely designer toys and video games. The design begins with collecting primary data from interviews with experts and questionnaires with potential users, and secondary data from journals, articles, books, previous research and existing products. This data is processed to carry out various studies and analyzes regarding pop culture, wayang, wayang characters that will be adopted, toy designers, product positioning, user persona, needs, preferences, and so on. The results of the study and analysis will be used to create design requirements and objectives which will then be used to create a design concept. This design concept is used as a basis for creating product ideation sketches, which are then selected as alternatives and selected again to become the final design. The final design will be made into a final product prototype. The design concept for this product is collectible and urban sci-fi, where the product is designed to be collectible and the wayang characters are adapted and appropriated into a sci-fi style that is popular, especially for urban and foreign communities. The output product is five articulated toy figures with a scale of 1:12 that adapt the five Pandawa figures into an urban sci-fi style, which are accompanied by accessories in the form of weapons, several sets of hands, a standing base, and a chip equipped with NFC tag technology that can be used. scan to get virtual goods in related applications or video games that support it.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: collectible. designer toys, video game, wayang
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Miftah Adnan Sholahudin
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:37
Last Modified: 05 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111011

Actions (login required)

View Item View Item