Rancang Bangun Modul Surga Kuliner Sebagai Pendukung Gamifikasi Pada Aplikasi Web SIAR Halal

Putra, Ferry Nur Alfian Eka (2024) Rancang Bangun Modul Surga Kuliner Sebagai Pendukung Gamifikasi Pada Aplikasi Web SIAR Halal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201214-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201214-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pasar muslim di Indonesia memiliki potensi yang besar namun masih terfragmentasi. Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Indonesia berupaya menggalakkan sertifikasi halal melalui jalur self-declaration. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendukung upaya ini melalui Pusat Kajian Halal ITS. Di sisi lain, sebuah ide gamifikasi berkembang sebagai pendekatan teknologi untuk menarik minat masyarakat terhadap isu tertentu. Sebagai bagian dari upaya ini, penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengembangkan, Modul Surga Kuliner, sebuah fitur aplikasi web yang berfungsi sebagai bagian dari gamifikasi SIAR Halal. Aplikasi web ini rencananya dibuat berdasarkan kerangka kerja octalysis dan akan mencakup beragam fitur seperti Surga Kuliner, Toko, dan Ubin Tersedia. Selain itu, aplikasi ini akan menggunakan genre tycoon dan city building game, dengan menggunakan peta ubin dan dilengkapi dengan koin dan kios. Menggunakan pendekatan ini, dilakukan pengujian penelitian pada Tugas Akhir ini menggunakan System Usability Scale dan mendapat hasil marginal.
===============================================================================================
The muslim market in Indonesia holds great potential but remains fragmented. To address this, the Indonesian government is pushing for halal certification through self-declaration. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) supports this effort through its Pusat Kajian Halal. Simultaneously, a gamification idea has emerged as a technological approach to engage the public on specific issues. As part of this initiative, this Final Project aims to develop the "Culinary Paradise Module," a web application feature that serves as a part of SIAR Halal gamification. The web application is planned to be built based on the octalysis framework and will encompass various features such as Culinary Paradise, Ornament Store, and Available Ornaments. Moreover, this application will adopt the tycoon and city-building game genres, utilizing tilemap and incorporating coins and kiosks. Through this approach, the Final Project research aims to enhance public understanding and interest in halal certification. Using this approach, the research in this Final Project conducted testing using the System Usability Scale and obtained marginal results.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: City Building, Halal, Octalysis, Peta Ubin, Surga Kuliner, Tycoon, City Building, Culinary Paradise, Halal, Octalysis, Tilemap, Tycoon
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ferry Nur Alfian Eka Putra
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:11
Last Modified: 02 Aug 2024 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111082

Actions (login required)

View Item View Item