KAJIAN PENCEMARAN DAN SIMULASI KUALITAS AIR SUNGAI BERDASARKAN DAYA TAMPUNG BEBAN PENCEMAR MENGGUNAKAN QUAL2KW (STUDI KASUS: KALI PELAYARAN, SIDOARJO)

Jayantri, Diah Retno (2024) KAJIAN PENCEMARAN DAN SIMULASI KUALITAS AIR SUNGAI BERDASARKAN DAYA TAMPUNG BEBAN PENCEMAR MENGGUNAKAN QUAL2KW (STUDI KASUS: KALI PELAYARAN, SIDOARJO). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6014222017-Master_Thesis.pdf] Text
6014222017-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kali Pelayaran dengan panjang 21 km merupakan sumber bahan baku air minum yang diolah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Taman Tirta Kabupaten Sidoarjo. Namun adanya peningkatan aktivitas domestik, pembangunan infrastruktur dan penggunaan lahan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) telah memberikan dampak signifikan terhadap kualitas air Kali Pelayaran. Sehingga menyebabkan sungai tercemar ringan hingga sedang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur daya tampung sungai terhadap beban pencemar dengan melihat faktor antropogenik yang mempengaruhi parameter pencemar sungai dan dapat dirumuskan strategi pengendalian pencemaran sungai.
Penelitian ini menggunakan aspek teknis dengan mensimulasikan model Qual2kw untuk parameter BOD, COD, TSS, dan Total nitrogen. Aspek lingkungan yaitu faktor antropogenik yang mempengaruhi kualitas air dengan analisis korelasi pearson. Serta analisa kelembagaan untuk merumuskan strategi kebijakan pengendalian pencemaran air menggunakan SWOT. Ketiga aspek ini memiliki pengaruh penting terhadap keberlanjutan sungai.
Kondisi kualitas air Kali Pelayaran telah tercemar ringan hingga sedang. Dimana saat musim hujan, sungai sudah tidak mampu menerima beban pencemar sehingga kemampuan alami sungai untuk mengatasi beban pencemar sudah terlampaui. Lahan bangunan memiliki korelasi positif dengan tingginya parameter TSS dan lahan agrikultur memiliki korelasi positif dengan tingginya parameter BOD. Adanya faktor internal yang lemah dengan ancaman dari eksternal yang banyak membutuhkan strategi bertahan untuk memperkuat faktor internal serta menghadapi atau mengurangi dampak ancaman dari eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Land Use, Pollutant Load Capacity, QUAL2Kw, Daya Tampung Beban Pencemar, Penggunaan Lahan, QUAL2Kw
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD420 Water pollution
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Diah Retno Jayantri
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:42
Last Modified: 07 Aug 2024 08:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111083

Actions (login required)

View Item View Item