Noor, Rafif Herdian (2024) Perancangan Sasis Menggunakan Metode Kombinasi Structural dan Parametric Optimization pada Sasis Mobil Formula SAE untuk Mendapat Specific Torsional Stiffness Optimal. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2038201043-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun 2023, tim Formula Student Automotive Engineer (FSAE) ITS berkompetisi pada ajang FSAE Japan dengan mengkompetisikan mobil mark 3. Raihan waktu pada sesi testing acceleration dan skidpad event menunjukkan bahwa performa mobil mark 3 masih jauh tertinggal dari tim lain. Kemampuan berakselerasi dan berbelok kendaraan sangat dipengaruhi oleh performa sasis, yaitu massa dan torsional stiffness. Menurut berbagai penelitian nilai minimal torsional stiffness yang ideal ialah 1.000 Nm/degree dan massa seringan mungkin, di mana sasis mark 3 tidak memenuhi kriteria tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapat rancangan sasis optimal dengan memenuhi kriteria dan target desain. Kriteria desain dari penelitian ini ialah safety factor lebih dari 1,5, torsional stiffness to roll rate ratio lebih dari 6, sedangkan target desain ialah specific torsional stiffness sebesar 48,82 – 60,08 Nm/deg/Kg. Metode penelitian menggunakan kombinasi parametric dan structural optimization, di mana dimensi sasis, arah bracing, serta penambahan atau pengurangan bracing divariasikan.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 30 variasi sasis hasil dari parametric dan structural optimization. Dari 30 variasi sasis tersebut, hanya 7 variasi sasis yang memiliki pengaruh signifikan terhadap performa sasis serta hanya 11 variasi yang optimal. Variasi sasis S12 dipilih pada penelitian ini karena memiliki massa teringan dibanding variasi lainnya. Sasis S12 memiliki nilai torsional srtiffness sebesar 1.658,20 Nm/degree, massa sebesar 31.125,21 gram, safety factor sebesar 1,59, torsional stiffness to roll rate ratio sebesar 6,48, dan specific torsional stiffness sebesar 53,27 Nm/deg/Kg. Penelitian ini berhasil meningkatkan nilai specific torsional stiffness sasis sebesar 230,16%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sasis, Torsional Stiffness, Massa, Formula SAE, Mobil, Chassis, Mass, Car. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Rafif Herdian Noor |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:00 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:00 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/111122 |
Actions (login required)
View Item |