Rancang Bangun Sistem Monitoring Bahan Bakar dan Estimasi Jarak Tempuh pada Sistem Motor Bakar Vario 125cc

Putra, Irgi Maulana (2024) Rancang Bangun Sistem Monitoring Bahan Bakar dan Estimasi Jarak Tempuh pada Sistem Motor Bakar Vario 125cc. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2039201016_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2039201016_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern, termasuk penggunaan bahan bakar yang tak terhindarkan, terutama dalam transportasi seperti sepeda motor. Namun, indikator sisa bahan bakar pada motor masih kurang akurat karena tidak menampilkan informasi angka spesifik, yang dapat menyebabkan kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan dan mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perlu penelitian untuk merancang alat yang menampilkan sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan sisa volume bahan bakar, memungkinkan pengendara mengetahui kapan bahan bakar akan habis. Penelitian ini melibatkan pemilihan komponen seperti mikrokontroler dan sensor, desain sistem monitoring, serta pengujian akurasi data sensor dengan error <5% dan estimasi jarak tempuh dengan ketelitian 0,1 L. Nilai analog dari sensor pelampung pada tangki diolah oleh Arduino, dikonversi menjadi volume liter, dan ditampilkan pada layar LCD untuk mengukur sisa bahan bakar dan estimasi jarak tempuh. Pada pengujian volume didapatkan standar error dari data yaitu kurang dari 5%. Hal ini menunjukkan bahwa variasi data hasil pengukuran relatif kecil dan dapat diabaikan, sehingga hasil pengujian dapat dianggap akurat dan representatif untuk mengGambarkan kondisi sebenarnya. Metode kalibrasi data yang digunakan oleh penulis berhasil menghasilkan estimasi jarak tempuh dengan akurasi lebih dari 80%. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sepeda motor tersebut mampu menempuh jarak 33.5 km dengan hanya 1 liter bahan bakar, yang menunjukkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan konsisten. Nilai rata-rata akurasi sebesar 99,1% dan nilai rata-rata error sebesar 0.89%.
==============================================================================================================================
Advances in science and technology have become an integral part of modern life, including the inevitable use of fuel, especially in transport such as motorcycles. However, the remaining fuel indicator on the motorbike is still inaccurate because it does not display specific numerical information, which can cause it to run out of fuel in the middle of the journey and interfere with driving comfort. Therefore, research is needed to design a device that displays the remaining distance that can be travelled based on the remaining volume of fuel, allowing riders to know when the fuel will run out. This research involves selecting components such as microcontrollers and sensors, designing a monitoring system, and testing the accuracy of sensor data with an error of <5% and estimating mileage with an accuracy of 0.1 L. The analogue value of the float sensor on the tank is processed by Arduino, converted into litre volume, and displayed on the LCD screen to measure the remaining fuel and estimated mileage. In the volume test, the standard error of the data is less than 5%. This shows that the variation in measurement data is relatively small and can be ignored, so the test results can be considered accurate and representative to describe the actual conditions. The data calibration method used by the author succeeded in producing mileage estimates with an accuracy of more than 80%. The tests carried out show that the motorbike is able to find the right distance. The average accuracy value is 99.1% and the error is 0.89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fuel, Estimated Distance, Arduino UNO, Error Value, Accuracy, Bahan Bakar, Estimasi Jarak, Nilai Error, Akurasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Irgi Maulana Putra
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:30
Last Modified: 29 Aug 2024 06:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111131

Actions (login required)

View Item View Item