Nur Hakim, Muhammad Faisal Alfin (2024) Perancangan Wheel Hub Plug And Play Pada Sistem Kaki Depan Mobil Urban MPD Etanol Nogogeni VI ITS Tim. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2038201040-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Nogogeni ITS Tim merupakan tim riset mobil di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023. Nogogeni ITS Team memiliki dua mobil yang berfokus pada kendaraan hemat energi, salah satunya adalah mobil urban etanol. Pada KMHE 2023 mobil urban etanol memiliki evaluasi waktu bongkar pasang sistem kaki yang lama yaitu 233 detik disetiap rodanya. Untuk mencapai waktu yang cepat proses bongkar pasang bagian sistem kaki diperlukan adanya pembaruan dalam rancangan struktur sistem kaki mobil. Pada penelitian ini dilakukan perancangan desain komponen wheel hub roda untuk dijadikan sistem Plug And Play (PNP). Pemilihan komponen wheel hub untuk desain PNP bertujuan untuk memotong tahapan proses bongkar pasang agar tidak melakukan proses setting kaliper. Untuk mengetahui efisiensi perakitan komponen sistem kaki dilakukan analisis menggunakan metode Design for Assembly (DFA) dan dilakukan simulasi proses bongkar pasang sistem kaki mobil untuk mengetahui waktu proses bongkar pasang desain lama dan desain baru yang telah dibuat. Selain itu untuk mengetahui nilai von mises stress, total deformation, dan safety factor desain dilakukan simulasi metode finite element. Dari penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil pengurangan waktu perakitan menggunakan metode Design for Assembly (DFA) didapatkan yaitu 226,57 detik dengan besar efisiensi perakitan 31,70% untuk desain baru. Adapun untuk proses bongkar pasang pada sistem kaki yang dilakukan langsung didapatkan hasil waktu 57 detik untuk setiap rodanya. Untuk nilai kekuatan desain wheel hub menggunakan material Al 6061 T6 didapatkan nilai von mises stress 19,477 MPa, total deformation 4,166x10-3, dan safety factor 14,192 pada pembebanan terbesar kondisi lateral menggunakan simulasi finite element.
Kata kunci: Plug and Play, Wheel Hub, Design for Assembly (DFA), Finite Element.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Plug and Play, Wheel Hub, Design for Assembly (DFA), Finite Element |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Muhammad Faisal Alfin Nur Hakim |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:23 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/111161 |
Actions (login required)
View Item |