Fathiyya, Husnul (2024) Model Pemilihan Material Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Pembangunan Keberlanjutan pada Proyek Jalan Nasional. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6012211050-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Infrastruktur jalan merupakan membuka akses baru atau menghubungkan dua wilayah atau lebih untuk memberikan pelayanan aksesibilitas kepada masyarakat. Pembangunan jalan salah satu konsekuensi adanya peningkatan limbah industri konstruksi. Konstruksi perkerasan pada jalan raya umumnya menggunakan bahan baku baru dengan jumlah yang besar. Penggunaan yang lebih luas maka dapat memiliki pengaruh besar terhadap dampak lingkungan karena penggunaan material, energi dan menghasilkan limbah dalam jumlah yang besar. Penerapan green material merupakan salah satu alternatif yang dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan, hemat energi, mengurangi biaya secara keseluruhan, dan meningkatkan sistem sosial. Penelitian ini bertujuan untuk pemilihan material berkelanjutan pada perkerasan konstruksi jalan nasional, serta memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan tentang pemilihan material ramah lingkungan (green material) dengan aspek berkelanjutan yang sesuai pada proyek jalan dengan menggunakan metode Visekriterijumska Optimizacija Kompromisno Resenjemeaning (VIKOR). Metode VIKOR sebagai metode pengambilan keputusan multikriteria dengan menggunakan cara teknik pemeringkatan dari sejumlah sampel dengan kriteria saling bertentangan, yang dapat membantu para pengambil keputusan untuk mendapatkan keputusan akhir. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah proyek jalan nasional Trans Jawa. Harapannya, hasil analisis metode VIKOR ini dapat menjadi keputusan terbaik dalam pemilihan green material pada perkerasan jalan. Nilai indeks VIKOR yang digunakan diambil nilai terendah. Hal ini dikarenakan semakin rendah nilainya maka semakin penting kriteria tersebut dipertimbangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria ekonomi menjadi kriteria utama dengan indeks VIKOR sebesar 0,00; kemudian dilanjutkan kriteria lingkungan dengan indeks VIKOR sebesar 0,754; dan kriteria sosial dengan indeks VIKOR sebesar 1,00. Keluaran model penelitian ini dapat menjadi referensi pemerintah dalam memilih green material untuk meningkatkan keberlanjutan proyek jalan nasional.
=========================================================================================================
Road infrastructure is opening new access or connecting two or more areas to provide accessibility services to the community. Road construction is one of the consequences of an increase in construction industry waste. Pavement construction on highways generally uses large amounts of new raw materials. Wider use can have a major influence on environmental impacts due to the use of materials, energy and generate large amounts of waste. The application of green materials is one alternative that can reduce the impact on the environment, save energy, reduce overall costs, and improve social systems. This research aims to select sustainable materials on national road construction pavements, as well as provide benefits in decision making about the selection of green materials with appropriate sustainable aspects in road projects using the Visekriterijumska Optimizacija Kompromisno Resenjemeaning (VIKOR) method. The VIKOR method as a multicriteria decision-making method using a ranking technique from a number of samples with conflicting criteria, which can help decision makers to get the final decision. In this research, the object used is the Trans Java national road project. Hopefully, the results of this VIKOR method analysis can be the best decision in the selection of green materials on pavement. The VIKOR index value used is taken the lowest value. This is because the lower the value, the more important the criteria are considered. The results show that economic criteria are the main criteria with a VIKOR index of 0.00, followed by environmental criteria with a VIKOR index of 0.754, and social criteria with a VIKOR index of 1.00. The output of this research model can be a reference for the government in choosing green materials to improve the sustainability of national road projects.
Actions (login required)
View Item |