Analisis Kinerja dan Pengaruh Leannox Controller terhadap Emisi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas PT.Lamong Energi Indonesia

Rivaldo, Rivaldo (2024) Analisis Kinerja dan Pengaruh Leannox Controller terhadap Emisi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas PT.Lamong Energi Indonesia. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2039201046-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2039201046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara maritim memiliki banyak pelabuhan yang menjadi sektor utama penggerak bisnis di bidang transportasi dan logistik. PT Lamong Energi Indonesia membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) sebagai sumber energi cadangan untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah pelabuhan. Untuk memastikan performa mesin gas tetap optimal dan bertahan lama, serta menjaga emisi gas buang yang dihasilkan, digunakan sistem Leannox Controller.Penelitian ini menganalisis performa dan emisi gas buang pada dua engine gas di PLTMG. Pada engine 1, performa terbaik dicapai pada beban 3,0 MW dengan daya poros (Ne) sebesar 3.143.194,11 Watt, torsi 20.020,34 N.m, Brake Mean Effective Pressure (BMEP) 2.016,66 kPa, Brake Specific Fuel Consumption (BSFC) 334,06 kg/MW/h, dan efisiensi termal 22,88%. Pada engine 2, performa terbaik dicapai pada beban 2,7 MW dengan Ne sebesar 2.865.554,84 Watt, torsi 18.251,94 N.m, BMEP 1.838,52 kPa, BSFC 333,11 kg/MW/h, dan efisiensi termal 22,95%.Pada engine 1, lambda tertinggi dan Air-Fuel Ratio (AFR) tertinggi dicapai pada beban 3,0 MW dengan nilai lambda sebesar 1,818 dan AFR sebesar 30,7:1. Emisi terendah pada engine 1 pada beban 3,0 MW dengan nilai CO sebesar 0,03%, CO₂ sebesar 6,2%, dan HC sebesar 63 ppm. Pada engine 2, lambda tertinggi dan AFR tertinggi juga dicapai pada beban 3,0 MW dengan nilai lambda sebesar 1,816 dan AFR sebesar 30,7:1. Emisi terendah pada engine 2 didapatkan pada beban 3,0 MW dengan nilai CO sebesar 0,03%, CO₂ sebesar 6,2%, dan HC sebesar 54 ppm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Performance, Leannox Controller, Emission, Gas Engine, Performa, Leannox Controller, Emisi, Mesin Gas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Rivaldo Rivaldo
Date Deposited: 03 Aug 2024 04:10
Last Modified: 03 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111243

Actions (login required)

View Item View Item