Desain Prototipe Reservasi Bengkel Online dengan Metode Design Thinking

Khaq, Al Habsi Waliyul (2024) Desain Prototipe Reservasi Bengkel Online dengan Metode Design Thinking. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5026201010-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5026201010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe antarmuka aplikasi reservasi bengkel online yang memudahkan pelanggan dalam memesan layanan dan mengurangi risiko penipuan harga. Pemilihan metode design thinking digunakan karena dipercaya dapat menangani wicked problem dalam layanan bengkel yang memerlukan pendekatan berpusat pada pengguna untuk menemukan solusi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan referensi mengenai desain prototipe layanan bengkel online menggunakan metode Design Thinking. Prototipe antarmuka yang dihasilkan akan mempermudah pengguna dalam memesan layanan bengkel secara digital. Prototipe ini juga dapat berfungsi sebagai alat evaluasi bagi pelaku usaha dalam mengoptimalkan proses bisnis mereka. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan teknologi informasi di sektor otomotif.Pendekatan Design Thinking yang terdiri dari tahap-tahap empathize, define, ideate, prototype, dan testing digunakan untuk menggali secara mendalam kebutuhan dan masalah yang dihadapi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe ini dapat mengurangi risiko penipuan harga, meningkatkan efisiensi layanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Prototipe ini juga memberikan solusi praktis yang dapat diadopsi oleh bengkel untuk mengoptimalkan operasional mereka dan memberikan layanan yang lebih responsif dan personal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Inovasi layanan bengkel, Teknologi informasi, Wicked problem
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Al Habsi Waliyul Khaq
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:17
Last Modified: 01 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111245

Actions (login required)

View Item View Item