Kajian Risiko Pengolahan Air Limbah Industri Pabrik III A PT. Petrokimia Gresik Dengan Metode Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)

Alfianto, Wisnu Wardana (2024) Kajian Risiko Pengolahan Air Limbah Industri Pabrik III A PT. Petrokimia Gresik Dengan Metode Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of ACCESS CLOSED BY AUTHOR] Text (ACCESS CLOSED BY AUTHOR)
5014201020-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada unit Effluent Treatment Pabrik III A PT. Petrokimia Gresik yang memproduksi asam fosfat, ZA II dan aluminium florida. Dimana unit Effluent Treatment memiliki kapasitas sebesar 170 m3/jam. Dengan besarnya air limbah yang dihasilkan tentu potensi bahaya terhadap kegagalan proses pengolahan dapat terjadi. Penanganan sejak dini perlu diterapkan untuk meminimalisir risiko yang ditimbulkan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang kajian proses pengolahan air limbah industri dengan metode HACCP. Pemilihan Metode HACCP didasarkan dari kemampuan metode tersebut untuk menguraikan secara jelas bagaimana pengaruhnya antar kompartemen atau saling keterkaitan antara satu sama lain baik itu dari proses, manusia, alat, bahan, dan prosedur.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang menyebabkan penurunan kualitas air efluen serta menentukan tindakan pemantauan terhadap potensi bahaya. Metode yang digunakan adalah Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Metode digunakan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan menentukan sistem pengendalian yang berfokus pada meminimalisir terjadinya bahaya dan bukan sistem yang semata-mata bergantung pada pengujian produk akhir. Metode ini sangat efektif sebagai tindakan preventif untuk menjamin keamanan hasil akhir karena dapat mengidentifikasi bahaya sejak dini. Metode ini akan menentukan Critical Control Point (CCP) pada proses pengolahan air limbah dimana nantinya fokus dari perbaikan dan penanganan potensi bahaya tinggi ada di point tersebut. Setelah penentuan CCP dilakukan perbaikan dan penangulangan potensi bahaya. Didalam proses penentuan CCP akan dibantu Oleh diagram fishbone untuk mengetahui sebab dari suatu bahaya tersebut dengan sistematis.
Setelah pengolahan data ditemukan beberapa aspek yang perlu dibenahi kembali oleh Pabrik 3A PT. Critical Control Point (CCP) pada proses pengolahan air limbah industri berasal dari unit pengolahan Adjusting Tank dan Cuagulant Tank. Dimana pada Adjusting Tank terjadi penambahan kapur dan tawas yang berpotensi terjadi tidak optimalnya penambahan. Pada Coagulant Tank terjadi penambahan polimer yang berpotensi juga terjadi tidak optimalnya penambahan. Ditemukan OPRP ( Operasional Pre-Quite Program ) dimana pada unit pengolahan terjadi potensi bahaya tetapi tidak signifikan terhadap hasil pengolahan. OPRP didapati pada unit pengaolahan filter dan TW Tank. Dimana pada filter ditemukan bahaya kerusakan filter bag dan pada TW tank ditemuakan potensi penambahan tawas yang tidak optimal. Penilaian bahaya ditemukan dengan penggalian antara nilai kemungkinan dengan keparahan yang menghasilkan nilai dari bahaya. Dimana ditemukan potensi bahaya yang menjadi calon Critical Control Point (CCP) dimana mendapatkan nilai 9. Penanganan bahaya atau kegalalan dengan cara pemantauan pH, kapur, tawas, filter bag dan tangki. Pemantauan tidak hanya dilakukan secara fisik dilakukan pengujian laboratorium dan pengukuran pada sensor-sensor parameter. Semua itu dilakukan untuk meminimalisir potensi bahaya yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses pengolahan air limbah industri pabrik III A PT. Petrokimia Gresik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aluminium Fluoride, Effluent Treatment, HACCP, Industrial Wastewater Treatment, Phosphoric Acid, ZA II, Alumunium Florida, Asam Fosfat, Effluent Treatment, HACCP, Pengolahan Air Limbah Industri dan ZA II.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD420 Water pollution
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD899 Waste control in special industries, plants, processes, etc
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Wisnu Wardana Alfianto
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:24
Last Modified: 12 Aug 2024 08:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111248

Actions (login required)

View Item View Item