PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA MLG 24+000 – STA 27+000 KABUPATEN MALANG - PROPINSI JAWA TIMUR

ROSA, MELLYNA APRILYA and PUJI, IZYATUNNISA TANRA (2016) PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA MLG 24+000 – STA 27+000 KABUPATEN MALANG - PROPINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3109030073-110-Abstract.pdf]
Preview
Text
3109030073-110-Abstract.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 3109030073-110-Non Degree.pdf]
Preview
Text
3109030073-110-Non Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 3109030073-110-conclusion.pdf]
Preview
Text
3109030073-110-conclusion.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan suatu konstruksi yang berfungsi sebagai
prasarana perhubungan darat yang memegang peranan penting
dalam kehidupan manusia. Salah satu upaya untuk mewujudkan
hal tersebut maka dilaksanakan peningkatan jalan pada ruas
jalan Karanglo – Pendem. Dengan melakukan pelebaran,
peningkatan jalan dan pembuatan drainase.
Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitungan
struktur perkerasan pada ruas jalan dengan menggunakan
Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan
Metode Analisa Komponen, 1987, perencanaan tebal lapis
tambahan (overlay) dengan Manual Pemeriksaan Perkerasan
Jalan Dengan Alat Benkleman Beam. Analisa kapasitas jalan
dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia
(MKJI) (jalan perkotaan), 1997. Kontrol geometrik jalan dengan
menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) (jalan
perkotaan), 1997 dan Dasar - Dasar Perencanaan Geometrik
Jalan. Perencanaan drainase dengan menggunakan metode SNI-
03-342-1994 ( Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan
Jalan), Dan rencana anggaran biaya menggunakan “ Buku
Petunjuk Teknik Analisa Biaya Harga Satuan”.
Dari hasil perencanaan peningkatan jalan Karanglo –
Pendem dengan umur rencana 10 tahun ini, diperoleh hasil
pelebaran dari 6 m menjadi 10 m, dan lebar bahu direncanakan 2
m. Serta konstruksi berupa ketebalan perkerasan untuk pelebaran
setinggi 10 cm Laston (MS 744), 20 cm Batu Pecah kls A (CBR
100%), 25 cm sirtu kls b (CBR 50%), 21 cm Stabilisasi Tanah
Dasar (CBR 10%). Sedangkan perhitungan overlay didapatkan
hasil 4 cm Laston (MS 744). Kontrol alinyemen horizontal yang
menghasilkan alternative geometrik lengkung horizontal dan
lengkung vertical. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk
segi empat dengan bahan dari batu kali diperoleh dimensi
saluran yang sama yaitu lebar saluran (b) =1m , tinggi saluran
(d)=0.5m dan tinggi jagaan (w) = 0.5m. Rencana anggaran biaya
untuk perencanaan peningkatan jalan Kranglo - Pendem ini
sebesar Rp 8.409.743.180,00. Dengan pembangunan jalan
Karanglo - Pendem, diharapkan jalan ini dapat berfungsi
dengan baik serta melayani beban lalu lintas yang cukup berat
sesuai dengan umur yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Ros p
Uncontrolled Keywords: Overlay, Drainase
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:21
Last Modified: 27 Dec 2018 06:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item