Analisis Kecepatan Lalu Lintas Arah Galaxy Mall - MERR pada Hari/Jam Kerja dalam Menentukan Lama Waktu Optimal Lampu Lalu Lintas

Luthfiyyah, Nabila Putri Dian (2024) Analisis Kecepatan Lalu Lintas Arah Galaxy Mall - MERR pada Hari/Jam Kerja dalam Menentukan Lama Waktu Optimal Lampu Lalu Lintas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5002201115-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5002201115-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan lalu lintas terjadi karena jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan melebihi kapasitas rencana jalan. Masalah kemacetan lalu lintas menyebabkan banyak dampak negatif bagi pengguna jalan, seperti pemborosan waktu, tenaga, dan bahan bakar, serta peningkatan polusi suara dan udara. Kota Surabaya merupakan kota besar di Indonesia yang sering mengalami permasalahan kemacetan lalu lintas. Salah satu contoh area di Kota Surabaya yang mengalami permasalahan kemacetan adalah persimpangan Jalan Raya MERR - Jalan Raya Kertajaya Indah dengan arah yang dipilih sebagai objek penelitian ini adalah Galaxy Mall - MERR. Permasalahan kemacetan lalu lintas dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep fluida. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk membentuk model matematika arus lalu lintas dengan konsep aliran fluida yang bersifat inkompresibel, \textit{unsteady}, dan laminar. Pembentukan model tersebut menerapkan persamaan konservasi massa, persamaan konservasi momentum, dan hukum fisika lainnya yang berkaitan. Model matematika yang telah dibentuk diselesaikan menggunakan metode beda hingga skema Keller-Box. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter kepadatan (rho) tidak memiliki pengaruh untuk variabel kecepatan(u). Dengan menggunakan interpolasi polinomial lagrange diperoleh bahwa waktu optimal maksimum lalu lintas arah Galaxy Mall - MERR yang diperoleh agar seluruh kendaraan pada ruas jalan pengamatan dapat keluar dari sistem untuk setiap variasi parameter kepadatan berkisar pada rentang nilai 177,39 - 180,30 detik.
============================================================
=======================================
Traffic jam happens when the number of vehicles travelling on a road exceeds the planned capacity of the road. Traffic jam problems cause many negative impacts for road users, such as waste of time, energy, and fuel, as well as increased noise and air pollution. Surabaya City is a large city in Indonesia that often experiences traffic jam problems. One example of an area in Surabaya City that experiences jam problems is the intersection of Jalan Raya MERR - Jalan Raya Kertajaya Indah with the direction chosen as the object of this research is Galaxy Mall - MERR. Traffic jam problems can be solved using fluid concepts. Therefore, a study was conducted to form a mathematical model of traffic flow with the concept of incompressible, unsteady, and laminar fluid flow. The formation of the model applies the mass conservation equation, momentum conservation equation, and other related laws of physics. The mathematical model that has been formed is solved using the finite difference method of the Keller-Box scheme. The results show that the density parameter (rho) has no influence on the velocity variable (u). By using Lagrange polynomial interpolation, it is found that the maximum optimal time for the Galaxy Mall - MERR direction traffic to exit the system for all vehicles on the observed road section for each density parameter variation ranges from 177,39 - 180,30 seconds.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan Lalu Lintas; Persamaan Konservasi Massa, Persamaan Konservasi Momentum; Metode Beda Hingga Skema Keller-Box; Interpolasi Polinomial Lagrange.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabila Putri Dian Luthfiyyah
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:52
Last Modified: 01 Aug 2024 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111362

Actions (login required)

View Item View Item