Prakoso, Raden Panji Brama Suryo (2021) ANALISIS TEGANGAN PIPA PADA SAAT PROSES INSTALASI PIPELINE : STUDI KASUS INSTALASI PIEPLINE DI PASURUAN SIDOARJO, JAWA TIMUR. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04311740000100-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan pipa bawah laut dengan tujuan moda transportasi atau penyaluran minyak dan gas dapat dinilai sebagai moda transportasi yang sangat efisien. Pipa bawah laut sendiri dapat beroperasi hingga 24 jam dalam seminggu dalam masa operasinya dan hal tersebut mampu mengabaikan kondisi lingkungan disekitarnya. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat diartikan bahwa penggunaan pipa bawah laut tidak memiliki resiko sama sekali, sebagai contoh pipa bawah laut dapat terjadi kerusakan apabila terjadi human error seperti kondisi pipa terseret jangkar atau perubahan kondisi seabed di area pipa yang mengakibatkan span. Sama halnya dengan kondisi saat instalasi pipa dimana pipa berkemungkinan patah atau terjadi deformasi bentuk (ovaling) akibat dari kesalahan metode dalam proses instalasinya. Dalam penelitian ini dianalisis apakah pipa yang diinstal pada proyek regasfaction unit ini akan mengalami permasalahan dalam proses instalasinya. Metode yang digunakan adalah metode instalasi S-lay dengan variasi kedalaman 12 meter, 15 meter, 18 meter, dan 21 meter mengikuti kondisi nyata pada area penelitian. Penelitian ini difokuskan pada titik paling kritis dalam intalasi pipa yaitu titik overbend dan sagbend dimana terjadi penekukan pada kedua area tersebut. Berdasarkan penelitian ini, diketahui nilai tegangan paling besar yang dialami pipa ada di area overbend sebesar 469 mPa dengan kondisi 4,40⁰ sudut stinger di kedalaman 21 meter. Akan tetapi tidak terjadi buckling atau deformasi bentuk pada pipa. Untuk variasi kedalaman lainnya dapat dikatakan masih aman karena tegangan yang terjadi masih dalam kondisi tegangan yang diizinkan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya banyak faktor yang akan mempengaruhi tegangan pada pipa pada masa instalasi. Perubahan sudut stinger, kedalaman, sistem tambat, kondisi lingkungan dan lainnya akan sangat mempengaruhi tegangan yang terjadi pada pipa pada masa instalasi.
The use of underwater pipelines for the transportation or distribution of oil and gas is recognized as a highly efficient mode of transport. These pipelines can operate continuously, 24 hours a day, throughout their operational lifespan, effectively disregarding surrounding environmental conditions. However, this does not imply that underwater pipelines are without risks. For instance, pipelines can sustain damage due to human errors, such as being dragged by anchors or changes in seabed conditions that lead to spans. Similarly, during the installation phase, pipes may break or deform (ovaling) due to improper installation methods.This study analyzes whether the pipes installed in this regasification unit project will encounter issues during installation. The method employed is the S-lay installation technique, with variations in depth of 12, 15, 18, and 21 meters, reflecting real conditions in the research area. The focus is on the most critical points in the installation process: the overbend and sagbend, where bending occurs.The research findings indicate that the highest stress experienced by the pipe occurs in the overbend area, reaching 469 mPa at a 4.40° stinger angle at a depth of 21 meters. However, no buckling or deformation was observed in the pipe. Other depth variations remain safe as the stress levels are within permissible limits. The study concludes that numerous factors influence the stress on pipes during installation, including changes in stinger angle, depth, anchoring systems, and environmental conditions.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pipa Bawah Laut, Instalasi Pipa, Sudut Stinger, Kedalaman, Von Mises Stress, Subsea Pipeline, Pipeline Installation, Stinger, Depth |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.38 Materials--Fatigue. T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA656.2 Buckling T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Raden Panji Brama Suryo Prakoso |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 01:40 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 01:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/111516 |
Actions (login required)
View Item |