Desain Tas Konvertibel untuk Menunjang Kebutuhan Pengguna pada Penerapan Konsep Capsule Wardrobe

Putri, Sinta Dewi Aris (2024) Desain Tas Konvertibel untuk Menunjang Kebutuhan Pengguna pada Penerapan Konsep Capsule Wardrobe. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028201005-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5028201005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tren fesyen yang berjalan dengan sangat cepat berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif yang kemudian melahirkan budaya konsumerisme di kalangan masyarakat. Perilaku konsumtif ini memerlukan respons dari berbagai pihak untuk menciptakan konsumsi yang lebih berkelanjutan. Pihak konsumen memiliki peran yang kuat dalam mendorong konsumsi yang berkelanjutan dalam lingkup fesyen dengan penerapan konsep Capsule Wardrobe yang mengharuskan pengguna memadupadankan item fesyen dengan jumlah terbatas untuk dapat digunakan di berbagai situasi dalam jangka waktu yang lama. Dari hal tersebut, upaya praktik berkelanjutan turut dilakukan dari pihak perancang dengan mencari alternatif atau strategi desain agar produk dapat memenuhi kebutuhan pelaku Capsule Wardrobe dengan menerapkan sistem konvertibel pada produk fesyen sebagai cara untuk mewujudkan keberlanjutan. Sistem konvertibel mengacu pada perubahan tampilan atau fungsi, dapat dikenakan dalam berbagai situasi dengan menyediakan desain dan fungsionalitas serbaguna dan sesuai dengan perubahan tren yang cepat sehingga diharapkan umur produk lebih panjang. Dalam konteks konsumerisme, wanita menjadi konsumen terbesar dalam bidang fesyen dan cenderung konsumtif daripada pria. Namun, wanita juga dapat memenuhi perannya dengan berkontribusi dalam fesyen yang berkelanjutan dengan menerapkan konsep Capsule Wardrobe. Dikarenakan konsep Capsule Wardrobe berfokus pada jumlah item pakaian yang terbatas, diperlukan menambahkan variasi dan kesan pribadi melalui aksesori untuk menciptakan tampilan berbeda dan menambah daya tarik pada pakaian. Dari data yang didapat, diketahui bahwa tas merupakan kebutuhan utama wanita dalam melengkapi kebutuhan aksesori pada konsep Capsule Wardrobe. Dari hal tersebut perancangan ini ditujukan pada konsumen wanita dengan adanya pengembangan produk aksesoris fesyen berupa tas konvertibel yang dapat diubah fungsi dan tampilan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna serta mewujudkan fesyen berkelanjutan. Dengan penerapan sistem konvertibel, didapatkan sebuah produk tas yang menawarkan perubahan tampilan maupun fungsi dapat mempengaruhi pengguna untuk menggunakan produk tersebut dalam jangka waktu yang lama. Produk tas konvertibel menciptakan tampilan serbaguna untuk dipadupadankan sehingga pengguna dapat mencocokkan dengan berbagai gaya berpakaian dan menggunakannya untuk berbagai situasi yang berbeda.
============================================================
Fashion trends that are moving very quickly have a significant influence on consumer lifestyles which then give birth to a culture of consumerism among society. This consumer behavior requires responses from various parties to create more sustainable consumption. Consumers have a strong role in encouraging sustainable consumption in the fashion sphere by implementing the Capsule Wardrobe concept which requires users to mix and match a limited number of fashion items to be used in various situations over a long period of time. From this, sustainable practice efforts are also being made on the part of the designer by looking for alternatives or design strategies so that the product can meet the needs of Capsule Wardrobe players by implementing a convertible system on fashion products as a way to realize sustainability. A convertible system refers to a change in appearance or function, it can be worn in a variety of situations providing versatile design and functionality and adapts to rapidly changing trends so that a longer product life is expected. In the context of consumerism, women are the largest consumers in the fashion sector and tend to be more consumptive than men. However, women can also fulfill their role by contributing to sustainable fashion by implementing the Capsule Wardrobe concept. Since the Capsule Wardrobe concept focuses on a limited number of clothing items, it is necessary to add variety and personal impressions through accessories to create a different look and add interest to the clothes. From the data obtained, it is known that bags are the main need for women to complete their accessory needs in the Capsule Wardrobe concept. From this, this design is aimed at female consumers by developing fashion accessory products in the form of convertible bags that can be changed in function and appearance as an effort to meet the needs and desires of users and create sustainable fashion. By implementing a convertible system, a bag product is obtained that offers changes in appearance and function that can influence users to use the product for a long time. Convertible bag products create a versatile mix-and-match look so users can match a variety of clothing styles and use them for a variety of different situations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sustainable consumerism, Capsule Wardrobe, women's bags, convertible
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sinta Dewi Aris Putri
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:31
Last Modified: 05 Aug 2024 04:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111626

Actions (login required)

View Item View Item