Perancangan Strategi Bisnis Fungsional dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: PT. Lokal Komoditi Indonesia)

Tataksmara, Syabella Rachmadiaocta (2024) Perancangan Strategi Bisnis Fungsional dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: PT. Lokal Komoditi Indonesia). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5031201003_Syabella Rachmadiaocta T_Tugas Akhir.pdf] Text
5031201003_Syabella Rachmadiaocta T_Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Menurut World Noodle Association (WNA), pada tahun 2023 Indonesia menduduki peringkat kedua konsumsi mi instan terbanyak di dunia. Hal ini cukup memperihatinkan, karena mi instan termasuk produk yang mengandung gluten yang dapat menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit dalam tubuh manusia. Faktor tersebut menjadi tolok ukur munculnya banyak produk gluten free secara global yang diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa tahun kedepan. PT. Lokal Komoditi Indonesia merupakan salah satu perusahaan dengan produk mi gluten free. Namun, perusahaan ini mengalami penurunan penjualan yang massif, lalu memutuskan untuk membuat produk baru. Sehingga dibutuhkan strategi yang baru dan lebih matang agar produk tersebut bisa jauh berkembang pesat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan sebagai alternatif perusahaan untuk merancang strategi bisnisnya kedepannya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan design thinking yang meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype, test, dan dilengkapi studi literatur. Proses formulasi bisnis dalam penelitian ini juga menggunakan analisis internal-eksternal perusahaan serta pendapat ahli-ahli yang berkaitan dengan aspek yang akan dikerucutkan pada tahap define. Penelitian ini diakhiri dengan tahap validasi dengan triangulasi sumber. Luaran dari penelitian ini adalah usulan formulasi strategi yang mengacu pada teori strategig management David (2011) dan pendapat para ahli pada bidang pemasaran dan produk. Isi dari usulan tersebut meliputi analisis tren, analisis TAM SAM SOM, analisis PESTEL, perbaikan packaging, usulan vendor, rekomendasi konten, rekomendasi channel, dan analisis keberlanjutan baik dalam bentuk ekspor maupun joint venture.
============================================================
According to the World Noodle Association (WNA), in 2023 Indonesia will rank second in terms of instant noodle consumption in the world. This is quite worrying, because instant noodles are products that contain gluten which can cause diseases in the human body. This factor is a benchmark for the emergence of many gluten-free products globally which are predicted to continue to increase in the next few years. PT. Lokal Komoditi Indonesia is one of the companies that produces gluten free noodles. However, this company experienced a massive decline in sales, then decided to create a new product. So a new and more mature strategy is needed so that the product can develop rapidly. Therefore, this research was conducted as an alternative for companies to design their future business strategies. This research uses a qualitative approach with design thinking which includes the empathize, define, ideate, prototype, test and literature study stages. The business formulation process in this research also uses internal-external analysis of the company as well as expert opinions relating to aspects that will be narrowed down at the definition stage. This research ended with a validation stage with source triangulation. The output of this research is a proposed strategy formulation that refers to David's (2011) management strategy theory and the opinions of experts in the marketing and product fields. The contents of the proposal include trend analysis, TAM SAM SOM analysis, PESTEL analysis, packaging improvements, vendor proposals, content recommendations, channel recommendations, and desire analysis in the form of both exports and joint ventures.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Business Strategy, Design Thinking, Gluten Free, Design Thinking, Gluten-Free, Strategi Bisnis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615 Entrepreneurship.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1393.25 Business enterprises
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syabella Rachmadiaocta Tataksmara
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:56
Last Modified: 07 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111642

Actions (login required)

View Item View Item