Dhipanusa, Kusuma (2024) Implementasi Pemanduan Jarak Jauh: Mengkaji Kebutuhan Untuk Implementasi Yang Efektif Di Alur Pelayaran Barat Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6021221013-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ketersediaan pandu untuk memberikan jasa pandu di perairan wajib pandu memiliki dampak terhadap efisiensi biaya operasional perusahaan pelayaran. Peningkatan lalu lintas pelayaran menjadi penyebab meningkatnya beban kerja dari para personel pandu. Kelelahan menjadi faktor yang berakibat pada penurunankonsentrasi yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dalam kegiatan pemanduan. Pademi Covid-19 yang terjadi diseluruh dunia menyebabkan proses pemanduan menjadi hal yang berbahaya bagi kru kapal yang bekerja pada lingkungan terisolasi dengan kehadiran pandu dari luar kapal, sehingga harus dipastikan tidak terinfeksi virus. Pemanduan jarak jauh adalah solusi potensial untuk mengurangi kesalahan manusia yang disebabkan kelelahan pandu, memperkecil resiko panularan virus kepada pandu dan kru kapal dalam masa pandemic, dan mengurangi penggunaan kapal pandu yang akan berdampak pada efisiensi bahan bakar dan penurunan tingkat emisi karbon. Membandingkan penerapan pemanduan jarak jauh dari negara lain diperlukan untuk menentukan standar minimum peralatan dan sumber daya untuk penerapannya di Indonesia. Dengan keterlibatan E-nav dalam pemanduan jarak jauh, diharapkan pertukaran informasi dapat berjalan dengan baik sehingga informasi yang disajikan dan dibutuhkan oleh masing-masing pihak dapat didapatkan dengan cepat dalam format yang tepat. Dengan membandingkan pelaksanaan pemanduan yang dilakukan di Alur Pelayaran Barat Surabaya dengan peraturan nasional dan internasional dikombinasikan dengan hasil pelaksanaan test-bed dan pelaksanaan pemanduan jarak jauh di beberapa negara lain, diketahui bahwa keberhasilan pemanduan jarak jauh membutuhkan pertukaran informasi yang akurat dan adanya rasa saling percaya diantara pihak yang terlibat dalam kegiatan pemanduan. ============================================================
The availability of pilots to provide pilotage services in mandatory pilotage areas has an impact on the operational cost efficiency of shipping companies. An increase in the volume of ship traffic has an impact on increasing the workload of pilotage personnel. Fatigue is a factor that causes a decrease in concentration which has the potential to cause accidents in piloting activities. The Covid-19 pandemic that occurred worldwide caused the pilotage process to be dangerous for ship crews that work in an isolated environment with the presence of pilots from outside the ship who need to be ensured not to carry the virus. Remote pilotage is a potential solution to reduce human error influenced by pilot fatigue, minimise the risk of virus exposure to pilots and crew during a pandemic, and reduce the use of pilot boats which has an impact on fuel efficiency and a decrease in carbon emission levels. It is necessary to benchmark the implementation of remote pilotage in other countries to determine the minimum standards of equipment and resources required for its implementation in Indonesia. With the involvement of E-nav in remote pilotage, it is expected that information exchange can run more smoothly so that the information generated and needed by each party can be available quickly in the right format. By comparing the gap between the existing conditions of pilotage implementation in Surabaya West Shipping Channel with national and international regulations combined with the results of test-bed and implementation of remote pilotage in several other countries, it was found that the success of remote pilotage requires accurate information exchange and the involvement of mutual trust between the parties involved in the pilotage process.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remote Pilotage, E-nav, Pandemic, Efficiency, Surabaya |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T59.7 Human-machine systems. |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21209-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Kusuma Dhipanusa |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:28 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/111792 |
Actions (login required)
View Item |