Pengembangan Gim Edukasi Pembelajaran Iqra Berbasis Quiz RPG Menggunakan Construct 3

Sabilillah, Satria Sulthan (2024) Pengembangan Gim Edukasi Pembelajaran Iqra Berbasis Quiz RPG Menggunakan Construct 3. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201267-Undergrdauate_Thesis.pdf] Text
5025201267-Undergrdauate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Iqra adalah salah satu komponen kunci dalam pendidikan agama islam dalam memahami dan menguasai bacaan Al-Quran terutama anak-anak. Terdapat satu masalah mendasar dalam pembelajaran Iqra, yaitu kurangnya minat dari anak-anak itu sendiri dalam belajar membaca menggunakan Iqra yang disebabkan kurangnya penggunaan buku teks pada proses belajar di zaman sekarang yang serba teknologi serta kurangnya pengulangan tanpa pengalaman yang interaktif sehingga anak-anak mudah bosan. Anak-anak sering merespon lebih baik terhadap pembelajaran yang melibatkan elemen-elemen interaktif dan bermain, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah aplikasi gim berbasis edukasi dengan Role-Playing Game (RPG) Quiz menggunakan Construct 3 yang lebih inovatif dalam pembelajaran Iqra. Gim berbasis edukasi adalah permainan yang dimaksudkan untuk memberi pemain pengalaman belajar yang menyenangkan dan berguna. Genre gim yang dipilih dalam implementasi gim edukasi di penelitian ini adalah Role-Playing Game yaitu sejenis permainan dimana pemainnya memainkan peran karakter dalam latar belakang fiksi, baik dengan melakukan peranan, proses pengambilan keputusan yang terstruktur, atau mengembangkan karakter, dan bertanggung jawab untuk memerankan peran dalam sebuah cerita. Tools yang digunakan adalah Construct 3 yang merupakan game engine dua dimensi berbasis web menggunakan even sheets untuk visual programming sebagai cara utama untuk pemograman gim di Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ini berhasil meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap pembelajaran Iqra, dengan tingkat kepuasan yang tinggi terutama dalam mengajarkan huruf-huruf yang terhubung dan membedakan huruf-huruf yang dapat dihubungkan. Tantangan progresif dalam permainan ini memotivasi anak-anak untuk belajar dan berkembang, menunjukkan dampak signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka tentang pembelajaran Iqra.
============================================================
In Islamic religious education, Iqra learning is essential for helping students, especially young ones, comprehend and become proficient Quran readers. One major issue with Iqra learning is that, in today's technologically advanced world, no textbook is used in the teaching process, so children are easily bored. This lack of repetition without interactive experiences also contributes to the children's lack of interest in learning to read through Iqra. An educational game application with a Role-Playing Game (RPG) Quiz utilizing Construct 3 is one of the learning media that may be employed; children generally respond better to learning that combines interactive components and play. This approach makes learning Iqra more innovative. Games with an educational focus are ones that aim to give players an enjoyable and practical learning experience. The role-playing game genre was selected for the implementation of educational games in this study. In a Role-Playing Game, the player assumes the role of a fictional character and is tasked with acting out the role in a story. This can be done through role-playing, structured decision-making, or character development. Construct 3, a two-dimensional web-based game engine that uses even sheets for visual programming as the primary method of Windows game programming, is the technology utilized. The outcomes demonstrated how well the game raised kids' interest in and comprehension of Iqra learning, with a high degree of pleasure particularly in teaching connected letters and differentiating between letters that can be connected. The game's growing challenges spurred the kids' learning and growth, and it had a big impact on their awareness and comprehension of Iqra learning.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Construct, Gim, Gim Berbasis Edukasi, Iqra, Pengembangan, RPG Quiz, Construct, Development, Educational Game, Games, Iqra, RPG Quiz
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Satria Sulthan Sabilillah
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:14
Last Modified: 02 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111901

Actions (login required)

View Item View Item