Rancang Bangun Prototype Mesin Vacuum Forming Untuk Pengemasan Produk Sabun Dari Mitra Tani Agung 1 Bangkalan

Wardana, Susan Salsabila (2024) Rancang Bangun Prototype Mesin Vacuum Forming Untuk Pengemasan Produk Sabun Dari Mitra Tani Agung 1 Bangkalan. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2038201035-Undergraduate_Thesis for D4 Program.pdf] Text
2038201035-Undergraduate_Thesis for D4 Program.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, bisnis UMKM dalam bidang usaha perawatan kulit sedang berkembang, salah satunya yaitu UMKM Mitra Tani Agung 1 Bangkalan yang membuat produk sabun. Produk sabun ini tentunya membutuhkan pengemasan. Pengemasan dilakukan untuk melindungi dan menjaga produk sabun serta membuat tampilan lebih menarik. Salah satu metode pengemasan yang sering digunakan yaitu vacuum forming menggunakan mesin vacuum forming. Mesin vacuum forming adalah mesin yang digunakan untuk pengemasan produk ataupun peralatan hasil produksi industri. Terdapat banyak mesin vacuum forming yang dijual di pasaran dengan kisaran harga dari Rp. 20.000.000 – ratusan juta. Salah satunya yaitu mesin vacuum forming MKT-390 dengan harga Rp. 21.500.000. Tetapi harga tersebut masih kurang terjangkau untuk pelaku UMKM Mitra Tani Agung 1 Bangkalan. Dari permasalahan diatas, dibuatlah mesin vacuum forming untuk membuat pengemasan produk sabun Mitra Tani Agung 1 Bangkalan.
Sebelum membuat prototype mesin vacuum forming, dimulai dengan pembuatan konsep terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh alat ini. Setelah menentukan konsep kemudian mendesain alat sesuai dengan perencanaan agar sesuai dengan yang dibutuhkan. Selanjutnya dilakukan pembuatan alat yang sesuai dengan desain dan perhitungan yang sudah direncanakan sebelumnya. Setelah pembuatan alat selesai, dilakukan uji coba pada alat untuk mengetahui apakah alat mampu membuat kemasan dengan kontur cetakan sabun berbentuk poligon.
Dari hasil uji coba yang sudah dilakukan menggunakan lembaran plastik PETG dengan dimensi 25×25 cm dan ketebalan 0,25 mm dengan variasi pemanasan 95℃,100℃,115℃ , 120℃ dan 125℃ serta tekanan pemvakuman konstan yaitu 62 cmHg, disimpulkan bahwa untuk menghasilkan kemasan yang baik, diperlukan suhu pemanasan hingga 115℃. Dan dengan mempertimbangkan dimensi kontur kemasan sabun yaitu poligon segi enam panjang sisi 2,5 cm dengan dimensi terhadap kapasitas area pembentukan yaitu 23×23 cm disimpulkan bahwa kapasitas dari alat adalah 1 buah kemasan. Setelah proses pembuatan alat selesai, dapat diwujudkan prototype mesin vacuum forming yang dapat membuat kemasan produk sabun

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Kemasan, Vacuum Forming, Thermoforming UMKM, Packaging, Vacuum Forming, Thermoforming
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1230 Cutting and sawing machinery
T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
T Technology > TS Manufactures > TS195 Packaging
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Susan Salsabila Wardana
Date Deposited: 03 Aug 2024 09:37
Last Modified: 03 Aug 2024 09:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111928

Actions (login required)

View Item View Item