Failures Mode, Effect, and Criticality Analysis (FMECA) Trafo Daya dengan Mempertimbangkan Expected Interruption Cost Index (ECOST)

Mahira, Adika Zaki (2024) Failures Mode, Effect, and Criticality Analysis (FMECA) Trafo Daya dengan Mempertimbangkan Expected Interruption Cost Index (ECOST). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5022201055-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5022201055-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transformator daya merupakan instrumen penting dalam suatu sistem tenaga listrik untuk mengubah suatu tingkat tegangan ke tingkat lainnya dengan tujuan efisiensi dan keandalan. Kegagalan dari transformator daya sangat dihindari karena dapat berdampak besar pada sistem tenaga listrik hingga menyebabkan pemadaman sehingga dapat menimbulkan kerugian terhadap pelanggan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi sistem tenaga listrik melalui pembuatan strategi pemeliharaan transformator daya dengan metode Failure Modes, Effect, and Criticality Analysis (FMECA) pada transformator daya dengan mempertimbangkan Expected Interruption Cost Index (ECOST). Hasil dari analis digunakan sebagai pedoman untuk membuat Risk Priority Number (RPN) yang mana selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan pembuatan strategi pemeliharaan. Penelitian Failure Modes, Effect, and Criticality Analysis (FMECA) transformator daya dengan mempertimbangkan Expected Interruption Cost Index (ECOST) ini diharapkan dapat memberikan panduan menyeluruh bagi pembaca dalam mengoptimalkan strategi pemeliharaan transformator daya pada sistem tenaga listrik sehingga berjalan dengan andal dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: FMECA, Transformator Daya, ECOST, RPN, Keandalan, FMECA, Power Transformer, ECOST, RPN, Reliability.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2551 Electric transformers.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adika Zaki Mahira
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:07
Last Modified: 06 Aug 2024 03:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111968

Actions (login required)

View Item View Item