PEMANFAATAN KAYU JATI SEBAGAI STRUKTUR PADA TAS PRIA

Muflihun, Nur Rahmat (2024) PEMANFAATAN KAYU JATI SEBAGAI STRUKTUR PADA TAS PRIA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028201078-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5028201078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Wilayah hutan jati terbesar di Indonesia, terutama di Jawa Timur dan Jawa Tengah, dikelola oleh PERHUTANI, dengan potensi limbah kayu yang belum optimal. Pencemaran lingkungan, termasuk dari industri fast fashion yang menghasilkan limbah tekstil, semakin meningkat. Salah satu solusi adalah pemanfaatan material alam seperti kayu jati. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain suatu produk tas pria yang memiliki sentuhan alam dengan kayu jati sebagai strukturnya, kayu yang digunakan juga merupakan kayu limbah dari rumah produksi, dalam penelitian ini metode yang digunakan dengan mengumpulkan beberapa jenis potongan kayu lalu dilem dan dibentuk sesuai dengan desain yang telah dibuat, selain itu produk ini juga melakukan pembuatan 3 produk dengan persentase penggunaan limbah kayu jati sebesar 90%, 50%, dan 25%, produk menggunakan 3 tipe penutup yang berbeda terbuat dari limbah kayu jati memiliki estetika dari serat kayu, dan didesain untuk mendukung kegiatan sehari – hari atau untuk kegiatan formal, penelitian ini diharapkan meningkatkan penilaian masyarakat tentang produk ini, diharapkan dengan penelitian ini, masyarakat dapat lebih mengenal jika produk daur ulang memiliki estetikanya sendiri dan potensi kayu sisa dari industri furnitur bisa semakin meluas ke berbagai industri.
============================================================

The largest teak forests in Indonesia, primarily in East Java and Central Java, are managed by PERHUTANI, with potential for optimizing wood waste. Environmental pollution, including from the fast fashion industry generating textile waste, is increasing. One solution is utilizing natural materials like teak wood. This research aims to design a men’s bag with a natural touch using teak as its structure. The wood used is reclaimed from production facilities. The study involves collecting various wood pieces, gluing, and shaping them according to a design. Additionally, three products are made with different percentages of teak wood waste—90%, 50%, and 25%—each featuring distinct teak wood covers. Designed for both daily use and formal occasions, this research hopes to enhance public perception of recycled products and demonstrate the potential of reclaimed wood from the furniture industry across various sectors.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Men Bags, Wood, Recycle,Tas Pria, Kayu, Daur Ulang
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD794.5 Recycling (Waste, etc.)
T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
T Technology > TS Manufactures > TS157.5 Production scheduling
T Technology > TS Manufactures > TS161 Materials management.
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nur Rahmat Muflihun
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:42
Last Modified: 05 Aug 2024 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111979

Actions (login required)

View Item View Item