Fathurrahman, Muhammad (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Kehadiran dan Manajemen Pegawai Fasilitas Kesehatan Berbasis Android. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5026201139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pengadaan pelayanan kesehatan oleh fasilitas kesehatan memegang peranan penting dalam kesehatan masyarakat. Dalam pengadaan pelayanan kesehatan, fasilitas kesehatan membutuhkan adanya sistem informasi kesehatan (SIK) untuk menunjang pengoperasian pelayanan kesehatan. Salah satu kinerja yang dapat terbantu dengan implementasi SIK pada fasilitas kesehatan adalah proses pencatatan kehadiran dan manajemen pegawai. Namun, implementasi SIK pada fasilitas kesehatan di Indonesia masih belum optimal, terutama dalam hal interoperabilitas sistem. Pengembangan aplikasi mobile pada fasilitas kesehatan dapat mempermudah beberapa pelayanan kesehatan, salah satunya dalam pencatatan kehadiran pegawai. Aplikasi mobile dapat mempermudah proses tersebut dengan mengotomatisasi proses pencatatan kehadiran pegawai yang dapat mempersingkat waktu pemrosesan data. Aplikasi mobile juga mempermudah aksesibilitas pegawai dengan memfasilitasi pencatatan kehadiran melalui ponsel seluler yang memanfaatkan fitur geolokasi dan pengenalan wajah pada gawai. Metode pengembangan yang digunakan dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah metode test-driven development dengan merujuk pada SIK yang sudah pernah dikembangkan sebelumnya secara terbuka bernama Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES) Khanza. Pengerjaan tugas akhir ini berhasil merancang dan membangun sistem informasi kehadiran dan manajemen pegawai fasilitas kesehatan berbasis Android, meliputi fitur pengenalan wajah untuk pencatatan kehadiran pegawai dan pencarian ketersediaan pegawai saat keadaan darurat, dengan mengadaptasi SIK yang sudah pernah dikembangkan sebelumnya menjadi SIK berbasis Android.
==============================================================
The provision of healthcare service by healthcare facilities plays an important role in public health. In order to support these services, healthcare facilities require a healthcare information system (HIS) to help with the operations, particularly attendance recording and employee management. However, the implementation of HIS in healthcare facilities in Indonesia is still not optimal, especially in terms of system interoperability. The development of mobile applications in healthcare facilities can facilitate some healthcare services, one of which is in employee attendance recording. Mobile applications can simplify this process by automating the process of recording employee attendance, which can shorten the data processing time. Mobile applications also make it easier for employees to access by facilitating attendance recording through mobile phones that use geolocation and facial recognition features on devices. The development method used in this thesis is the test-driven development method based on an existing open-source HIS, Sistem Informasi Manajamen Kesehatan (SIMKES) Khanza. This final project succeeded in designing and developing an Android-based health facility attendance and employee management information systems, including face recognition feature for recording employee attendance and searching for employee availability in emergencies, by adapting the HIS that has been developed previously into an Android-based HIS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Fasilitas Kesehatan, Kehadiran, Manajemen Pegawai, Sistem Informasi Kesehatan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Fathurrahman |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/111980 |
Actions (login required)
View Item |