Aplikasi Mikoriza Pada Tanah pH Rendah Bekas Tambang Tanah Liat Terhadap Pertumbuhan Kacang Koro Pedang (Canavalia ensiformis)

Rahmawati, Anin (2024) Aplikasi Mikoriza Pada Tanah pH Rendah Bekas Tambang Tanah Liat Terhadap Pertumbuhan Kacang Koro Pedang (Canavalia ensiformis). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5005201022-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5005201022-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penambangan tanah liat sebagai bahan baku pembuatan semen menyisakan kondisi lahan yang rusak karena dampak dari aktivitas penambangan jangka panjang. Dampak yang ditimbulkan salah satunya tanah memiliki pH rendah sehingga membutuhkan upaya rehabilitasi untuk mengembalikan lahan ke bentuk semula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi rekayasa media tanam dan penambahan mikoriza terhadap pertumbuhan tanaman Kacang Koro Pedang (Canavalia ensiformis). Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 1 faktor yang berisi tujuh variasi tanah dan variabel pengamatan berupa pH tanah, tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, laju transpirasi, Net Assimilation Rate (NAR), rasio tajuk akar, biomassa tanaman, dan persentase infeksi mikoriza. Mikoriza yang digunakan berasal dari produk Mycovir dengan pemberian dosis sebesar 30gram/tanaman pada keseluruhan variasi tanah. Penelitian dilakukan secara ex situ di Greenhouse Urban Farming ITS yang diamati selama enam minggu (42 HST). Data hasil pengamatan diuji ANOVA oneway dan dilanjutkan uji Tukey. Pada hasil penelitian menujukkan bahwa perlakuan kombinasi rekayasa media tanam terbaik berada pada perlakuan 100% tanah taman dengan mikoriza, serta perlakuan 75% tanah taman dan 25% tanah tambang dengan mikoriza terhadap pertumbuhan C. ensiformis pada keseluruhan parameter. Selain itu, pemberian mikoriza dan rekayasa media tanam membantu dalam meningkatkan pH untuk mendukung pertumbuhan tanaman C. ensiformis pada lahan bekas tambang tanah liat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Canavalia ensiformis, Lahan Bekas Tambang, pH Rendah, Mikoriza, Rekayasa Media Tanam.
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Biology > 46201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anin Rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:52
Last Modified: 01 Aug 2024 08:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111986

Actions (login required)

View Item View Item