Pengaruh Skenario Voluntary TDM Bagi Perjalanan Bekerja Dalam Sektor Pariwisata Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Bypass Ngurah Rai

Utama, Nyoman Chandrikania (2024) Pengaruh Skenario Voluntary TDM Bagi Perjalanan Bekerja Dalam Sektor Pariwisata Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Bypass Ngurah Rai. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201111-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201111-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Bypass Ngurah Rai merupakan salah satu jalan yang terletak di Kota Denpasar dan didominasi oleh kegiatan akomodasi wisata, perkantoran dan perdagangan dan jasa. Ketiga kegiatan tersebut memicu adanya tarikan perjalanan dari pergerakan pekerja rutin sehingga tingkat pelayanan jalan di Jalan Bypass Ngurah Rai tidak stabil dan memicu permasalahan yaitu kemacetan di jam sibuk. Meskipun adanya kebijakan yang mengatur sistem pergerakan tersebut, namun masih belum diterapkan secara maksimal sehingga masalah kemacetan masih berkelanjutan.
Penelitian ini berfokus pada pengaruh skenario Voluntary Travel Demand Management (TDM) terhadap perjalanan bekerja dalam sektor pariwisata terhadap tingkat pelayanan jalan Bypass Ngurah Rai dengan menggunakan pendekatan voluntarism yang terdiri dari pergeseran moda (buspool dan carpool) dan pergeseran waktu (flextime, staggered shift dan compressed work week). Oleh karena itu, terdapat empat tahap analisis untuk mencapai tujuan penelitian ini. Tahap pertama adalah menganalisis tingkat pelayanan jalan dengan perhitungan derajat kejenuhan (DS). Tahap kedua adalah mengidentifikasi tarikan perjalanan dengan metode statistic deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Tahap ketiga adalah merumuskan skeanrio TDM sesuai dengan preferensi pelaku pergerakan dengan metode statistic deskriptif. Tahap terakhir adalah menganalisis dampak skenario TDM terhadap tingkat pelayanan jalan dengan metode analisis regresi linear berganda dan setelah mendapatkan model regresi dilakukan estimasi dan simulasi.
Berdasarkan hasil analisis pengaruh tarikan perjalanan terhadap tingkat pelayanan jalan, diketahui bahwa adanya pengaruh signifikan dalam tarikan perjalanan yang dihasilkan oleh kegiatan perkantoran (X2) dan perdagangan dan jasa (X3) terhadap tingkat pelayanan jalan (y) di Koridor Jalan Bypass Ngurah Rai saat hari kerja (weekday). Selain itu, diketahui bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam tarikan perjalanan yang dihasilkan oleh kegiatan akomodasi wisata (X1) terhadap tingkat pelayanan jalan (y) di Koridor Jalan Bypass Ngurah Rai saat hari libur (weekend). Sehingga model regresi yang terbentuk adalah y = 70,737 – 0,048X1 + 0,227X2 +0,220X3 dan y = 95,577 – 0,911X1 +0,049X2 – 0,006X3. Kedua model regresi tersebut digunakan untuk mensimulasi tarikan perjalan setelah adanya skenario TDM yang disetujui oleh para pekerja yaitu skenario buspool, carpool dan flextime. Hasil simulasi menunjukkan bahwa skenario TDM yaitu buspool dan flextime dinilai lebih efektif untuk meningkatkan pelayanan jalan. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan jalan adalah melalui pendekatan skenario buspool dan flextime karena menunjukkan adanya penurunan angka derajat kejenuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kebutuhan Transportasi Berbasis Sukarela, Pergeseran Moda, Pergeseran Waktu, Tingkat Pelayanan Jalan.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: NYOMAN CHANDRIKANIA UTAMA
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:49
Last Modified: 06 Aug 2024 05:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112013

Actions (login required)

View Item View Item