Strategi Pengembangan Desain Konten Media Sosial Instagram Fotoria Dalam Meningkatkan Customer Engagement Menggunakan Design Thinking

Zendania, Athaya (2024) Strategi Pengembangan Desain Konten Media Sosial Instagram Fotoria Dalam Meningkatkan Customer Engagement Menggunakan Design Thinking. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032221196-Master_Thesis.pdf] Text
6032221196-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri fotografi memiliki banyak jenis, salah satunya adalah photobooth. Untuk menjaga tren photobooth agar tetap konsisten, perlu didukung dengan promosi pemasaran dan juga pemanfaatan tren yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam mempromosikan mereknya. Dewasa ini, konsumen lebih mudah menemukan banyak rekomendasi dari media sosial, salah satunya Instagram yang merupakan salah satu platform terbaik untuk mempromosikan merek. Peranan penting untuk membentuk pengalaman konsumen adalah dari keterlibatan pelanggan atau dikenal dengan customer engagement. Fotoria merupakan salah satu usaha di bidang fotografi jenis photobooth yang menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan usahanya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode design thinking dalam rangka menjawab kebutuhan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari studi literatur hingga wawancara yang menghasilkan identitas yang berupa persona, empathy map hingga user journey yang diolah menjadi ide solusi dari permasalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Design Thinking pada strategi pengembangan desain konten media sosial Instagram Fotoria dapat meningkatkan customer engagement secara terukur. Tahapan ini bersifat iteratif dan perlu dikembangkan secara berkala agar mendapat hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Keterlibatan Pelanggan, Photobooth, Strategi Media Sosial
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Athaya Zendania
Date Deposited: 02 Aug 2024 19:53
Last Modified: 02 Aug 2024 19:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112158

Actions (login required)

View Item View Item