Perancangan Rak Display dengan Cermin Interaktif sebagai Strategi Pemasaran Baru untuk Toko Kecantikan

Nurjanah, Aulia Maulidina (2024) Perancangan Rak Display dengan Cermin Interaktif sebagai Strategi Pemasaran Baru untuk Toko Kecantikan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028201043-Undergraduate_Theses.pdf] Text
5028201043-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Antara tahun 2023 dan 2033, pasar manufaktur cermin pintar diperkirakan akan meningkat dengan CAGR sekitar 8% sebagai pertumbuhan tercepat untuk bidang komersil. Hal ini dapat dijadikan sebagai suatu strategi pemasaran jangka panjang dalam hal teknologi pada ritel melihat dari potensi kefamiliaran teknologi pada cermin yang melonjak seiring waktu. Lebih dari 80% orang menilai penggunaan cermin pintar paling cocok untuk melakukan aktifitas kecantikan, khususnya penampilan, menjadikan cermin toko kecantikan sebagai opsi penyematan yang paling potensial. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep cermin pintar dengan fitur e-kiosk dan pemasaran kreatif menjadi cermin interaktif yang diintegrasikan dengan rak display untuk toko kecantikan. Metode penelitian menggunakan teori Design Thinking dengan wawancara mendalam, observasi, dan kuisioner sebagai pendekatan kualitatif, serta didukung dari jurnal referensi dan penelitan yang sejenis. Pengembangan produk selanjutnya merupakan hasil berbagai analisis dan user testing. Hasil penelitian akhir ini berupa prototipe set rak display promosi dengan cermin interaktif yang diharapkan dapat menarik pelanggan dari sektor informatif dan pengalaman baru. Besar potensi pengembangannya kedepan di validasi oleh pengalaman pengguna yang cenderung baik karena terasa cukup familiar dan ingin mencoba mengeksplorasi produk yang mereka rasa visioner ini.
============================================================================== The smart mirror manufacturing market is expected to grow at a CAGR of approximately 8% between 2023 and 2033, representing the fastest growth for the commercial sector. This can be used as a long-term marketing strategy regarding technology in retail, as the potential for technological familiarity with mirrors increases over time. More than 80% of people consider using smart mirrors to be the most suitable solution for beauty activities, especially appearance, making cosmetic mirrors potentially the best embedding option. This research aims to utilize the smart mirror concept with e-kiosk functions and creative marketing into an interactive mirror that will be integrated into the display shelves of beauty stores. The research method uses Design Thinking theory with in-depth interviews, observations and questionnaires as a qualitative approach and is supported by reference journals and similar research. The further development of the product is the result of various analyzes and user tests. The final research result is a prototype set of advertising shelves with an interactive mirror, designed to attract customers from the informative sector and new experiences. The user experience validates the potential for future development, which is often positive because they feel comfortable and want to try to explore this product that they believe is visionary.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Beauty Store, Interactive Mirror, Product Design, Retail Display Shelf, Marketing Strategy, Cermin Interaktif, Desain Produk, Rak Display Retail, Strategi Pemasaran, Toko Kecantikan
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aulia Maulidina Nurjanah
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:20
Last Modified: 04 Aug 2024 23:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112235

Actions (login required)

View Item View Item