Prioritas Pengelolaan Eksternalitas Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial Estate (JIIPE) Pada Masyarakat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Abidin, Mohammad Adil Bilabagi (2024) Prioritas Pengelolaan Eksternalitas Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial Estate (JIIPE) Pada Masyarakat Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201068-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Eksternalitas adalah biaya atau manfaat yang muncul tetapi tidak tercakup dalam harga pasar. Eksternalitas sering terjadi dalam konteks ekonomi, salah satunya dalam kegiatan industri. Seperti pada Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, dimana kawasan ini menimbulkan biaya yang seharusnya didapatkan oleh masyarakat sekitar. Dalam mengatasi eksternalitas yang timbul akibat adanya KEK JIIPE, perlu dilakukan penggalian eksternalitas di masyarakat dan pembobotan eksternalitas melalui akademisi. Dengan melakukan Analisis Delphi dalam menentukan eksternalitas yang ada. Dan Analytical Network Process yang diikuti Analisis Deskriptif Kuantitatif dalam melakukan pembobotan eksternalitas prioritas beserta alternatifnya. Semua analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner kepada masyarakat dan stakeholder. Setelah dilakukan eksplorasi, ditemukan bahwa enam belas variabel eksternalitas yang diusulkan kepada masyarakat dikerucutkan menjadi empat belas variabel eksternalitas. Setelah dilakukan proses pembobotan, diperoleh kesimpulan bahwa eksternalitas ekonomi lebih diprioritaskan untuk ditangani dibandingkan dengan eksternalitas sosial. Dan eksternalitas yang paling diprioritaskan untuk ditangani adalah Tenaga Kerja, Tingkat Harga, Kepadatan Penduduk, Akuisisi Lahan, Level of Service, dan Kehidupan Sosial. Dan dalam penanganan eksternalitas prioritas, penegakan atau penyesuaian regulasi merupakan cara yang paling tepat menurut eksplorasi yang dilakukan. Diikuti dengan pendekatan sosial dan pemberian subsidi kepada pihak yang terkena dampak yang akan digunakan sebagai dasar perumusan arahan penanganan eksternalitas prioritas melalui Analisis Deskriptif Kualitatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Eksternalitas, Prioritas, Penilaian Dampak, Sosial-Ekonomi, Kawasan Ekonomi Khusus Zona Industri, Externality, Priority, Impact-Assesment, Socio-Economics, Special Economic Zone Industrial Area.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohammad Adil Bilabagi Abidin
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:51
Last Modified: 07 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112239

Actions (login required)

View Item View Item