Enhancing Organizational Effectiveness Using Objective Key Result Method as a Performance Measurement in PT X

Zakaria, Rheza Naufal Aflah (2024) Enhancing Organizational Effectiveness Using Objective Key Result Method as a Performance Measurement in PT X. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201093-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010201093-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sektor telekomunikasi di Indonesia merupakan pasar yang berfokus pada seluler yang terus berkembang dengan empat penyedia jaringan utama dan penyedia telepon tidak bergerak yang nyaris monopolistik. Peningkatan penggunaan data seluler sebagai hasil dari pengeluaran berkelanjutan operator besar dalam pengembangan dan perluasan jaringan 4G dan 5G, serta investasi mereka di bidang TIK dan infrastruktur telekomunikasi yang akan mempercepat transformasi digital negara, akan menjadi penyebab utama pertumbuhan tersebut. Ekspansi yang signifikan di sektor e-commerce Indonesia saat ini didorong oleh peningkatan jumlah pengguna data seluler dan pengeluaran yang terus menerus dalam pembangunan dan perluasan jaringan 4G. Pertumbuhan sistem pengukuran kinerja perusahaan berdasarkan metode Balanced Scorecard (BSc) dan Objective Key Result (OKR) yang telah digunakan sebelumnya di perusahaan dianalisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan atau saran dalam pengukuran kinerja yang diselaraskan dengan kondisi eksisting perusahaan dan mendapatkan alternatif strategi. Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah perusahaan memiliki alternatif strategi dan sistem pengukuran kinerja yang mewujudkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini melakukan penelitian tentang bagaimana menerapkan manajemen kinerja dengan menggunakan metode yang berbeda dan menganalisa keefektifannya di tingkat perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan atau saran dalam mengukur kinerja yang sesuai dengan kondisi eksisting perusahaan dan mendapatkan alternatif strategi. Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah agar perusahaan memiliki alternatif strategi dan sistem pengukuran kinerja yang mewujudkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini melakukan penelitian tentang bagaimana menerapkan manajemen kinerja dengan menggunakan metode yang berbeda dan menganalisa keefektifannya di tingkat perusahaan. Penelitian ini juga mempelajari pengaruh Objective Key Results (OKR) dan Balanced Scorecard (BSc) terhadap kinerja PT X di industrinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan manajemen kinerja dengan menggunakan metode BSc dan mengkonversikannya ke dalam nilai kinerja individu dengan bantuan Objective Key Result (OKR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki alternatif strategi dan sistem pengukuran kinerja yang mewujudkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa organisasi memiliki beberapa jenis produk baru dari mulai tahun 2021 hingga 2023. Hasil analisis data yang ada menunjukkan bahwa Implementasi Objective Result mampu meningkatkan efektivitas organisasi.
==============================================================================================================================
The telecommunications sector in Indonesia is a growing mobile focused market with four main network providers and a near monopolistic fixed-line provider. The increase in mobile data usage as a result of major operators' continuous expenditures in 4G and 5G network development and expansion, as well as their investments in ICT and telecom infrastructure that will accelerate the nation's digital transformation, would be the main causes of the growth. The current significant expansion in Indonesia's e-commerce sector is being driven by the increase in the number of mobile data users and the continuous expenditure in the construction and extension of 4G networks. The growth of the company's performance measurement system based on the Balanced Scorecard (BSc) and Objective Key Result (OKR) method that have been used before in the company is analyzed. The purpose of this research is to provide input or suggestion in measuring performance that is aligned with the Company's existing conditions and obtaining alternative strategies. The benefits expected to be obtained from this research are that the company has an alternative strategy and performance measuring system that embodies the perspective of financial, customer, internal business process, and growth and learning. This research conducts the research about how to apply performance management using different methods and analyze its effectiveness at the corporate level. This paper also studies the effect of Objective Key Results (OKR) and Balanced Scorecard (BSc) on the performance of PT X in its respective industry. The objective of this research is to analyze the implementation of performance management using BSc method and convert it into individual performance values with the help of Objective Key Result (OKR). The results show that the company has an alternative strategy and performance measurement system that embodies the perspective of financial, customer, internal business process, and growth and learning. The performance of the internal business processes perspective shows that the organization has several types of new products from ranging from 2021 to 2023. The results of the analysis of existing data indicate that the Implementation of Objective Result is able to improve organizational effectiveness.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Objective Key Result, Performance Management, Pengukuran Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.93 Balanced scorecard
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rheza Naufal Aflah Zakaria
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:22
Last Modified: 19 Aug 2024 05:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112247

Actions (login required)

View Item View Item