Desain Akuaponik Hias dalam Ruang dengan Konsep Low-Maintenance

Suryadinata, Sebastian Edgar (2024) Desain Akuaponik Hias dalam Ruang dengan Konsep Low-Maintenance. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311940000047-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311940000047-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tren memelihara ikan hias dan hidroponik menunjukkan pertumbuhan yang positif setiap tahunnya, diimbangi dengan tingginya pangsa pasar ikan hias dan hidroponik baik secara domestik maupun global. Hal tersebut didukung kondisi perkotaan yang semakin padat dan kondisi pandemi sebelumnya dimana orang terpaksa membatasi aktifitas di luar ruangan. Dengan ikan hias dan hidroponik yang bisa dilakukan dalam ruang, hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Menariknya, bersamaan dengan tren tersebut, berdasarkan hasil wawancara langsung maupun tidak langsung yang telah penulis kumpulkan, beberapa penghobi menggabungkan ikan hias dalam akuarium dan tanaman hias dalam sistem hidroponik menjadi satu sistem akuaponik DIY dengan sadar ataupun tidak sadar dengan tujuan mempercantik ruangan. Namun saat ini belum banyak produk akuaponik yang ditujukan untuk penggunaan dalam ruangan di perkotaan. Di pasaran produk yang banyak tersedia adalah skala bisnis atau komersial dengan dimensi yang besar, serta tidak difungsikan untuk dinikmati secara estetika oleh penggiat akuaponik. Dalam memelihara akuaponik juga ditemui kendala penghobi seperti perawatan dan pengetahuan mengenai budidaya akuaponik. Dengan adanya fenomena tersebut, terdapat peluang untuk mengembangkan desain akuaponik dalam ruangan yang mudah dipahami dan dirawat pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi literatur terkait produk dan fenomena terkait, observasi secara langsung di berbagai pasar ikan hias dan toko hidroponik di Jakarta dan Surabaya, serta wawancara mendalam kepada penghobi ikan hias, hidroponik, dan akuaponik. Didapatkan bahwa calon pengguna menyukai produk akuaponik yang mudah digunakan, dirawat, dan dapat menyesuaikan ruangan yang ditempatinya. Setelah berbagai proses analisis data primer dan sekunder selesai, ditetapkan bahwa perancangan ini akan berfokus mengembangkan desain akuaponik hias dalam ruang dengan konsep low-maintenance, yang disertai dengan teknologi IoT untuk pemantauan dan pengendalian yang lebih baik. Produk ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas akan produk akuaponik hias di kalangan penghobi pada perkotaan, membantu memudahkan pengguna dalam mengoperasikan sistem akuaponik, dan mendukung pertumbuhan komunitas akuaponik di Indonesia.
=======================================================
The trend of keeping ornamental fish and hydroponics shows positive growth every year, balanced with the high market share of ornamental fish and hydroponics both domestically and globally. This is supported by increasingly crowded urban conditions and the previous pandemic conditions where people were forced to limit outdoor activities. Interestingly, along with this trend, based on the results of direct and indirect interviews that the author has collected, some hobbyists combine ornamental fish in aquariums and ornamental plants in hydroponic systems into DIY aquaponic systems with the purpose of beautifying the room. However, currently, not many aquaponics products are intended for indoor use in urban areas. Many products available on the market are business- or commercial-scale with large dimensions and do not function to be enjoyed aesthetically by aquaponic activists. In maintaining aquaponics, hobbyists also encounter obstacles such as maintenance and knowledge about aquaponic cultivation. With this phenomenon, there is an opportunity to develop an indoor aquaponics design that is simple for users to understand and maintain. Data collection was conducted using a qualitative method through a literature study of related products and phenomena, direct observation at various ornamental fish markets and hydroponic shops in Jakarta and Surabaya, and in-depth interviews with hobbyists of ornamental fish, hydroponics, and aquaponics. It was found that potential users like aquaponic products that are easy to maintain and adapt to the space they occupy. After various primary and secondary data analysis processes were completed, it was determined that this design would focus on developing a low-maintenance indoor ornamental aquaponics design, accompanied by IoT technology for better monitoring and control. This product is expected to increase the accessibility of decorative aquaponics products among urban hobbyists, make the aquaponics system easier for users to operate, and support the growth of the aquaponics community in Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akuaponik dalam ruang, Akuaponik hias, Aksesibilitas, Low-maintenance, IoT
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sebastian Edgar Suryadinata
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:07
Last Modified: 05 Aug 2024 06:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112393

Actions (login required)

View Item View Item