Arahan Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit di Stasiun LRT Bekasi Barat

Muharram, Bima Fatwa (2024) Arahan Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit di Stasiun LRT Bekasi Barat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201148-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201148-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Stasiun LRT Bekasi Barat merupakan stasiun kereta api yang terletak di pusat Kota Bekasi. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bekasi Tahun 2024 – 2044, Stasiun LRT Bekasi Barat ditetapkan sebagai Kawasan Berorientasi Transit. Hal ini membuat Stasiun LRT Bekasi Barat memiliki nilai strategis untuk dikembangkan sebagai Kawasan Berorientasi Transit. Akan tetapi, kondisi saat ini menunjukkan bahwa Stasiun LRT Bekasi Barat masih memiliki tantangan dalam mempromosikan pergerakan kendaraan tidak bermotor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan arahan pengembangan Kawasan Berorientasi Transit di Stasiun LRT Bekasi Barat.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis Delphi untuk mengeksplorasi kriteria Kawasan Berorientasi Transit yang relevan di Stasiun LRT Bekasi Barat. Selanjutnya, deskriptif statistik untuk menghitung kesesuaian Stasiun LRT Bekasi Barat menurut kriteria Kawasan Berorientasi Transit yang relevan. Terakhir, triangulasi untuk merumuskan arahan pengembangan Kawasan Berorientasi Transit di Stasiun LRT Bekasi Barat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 variabel yang relevan sebagai kriteria Kawasan Berorientasi Transit di Stasiun LRT Bekasi Barat. Variabel-variabel tersebut adalah Koefisien Dasar Bangunan, Koefisien Lantai Bangunan, Proporsi Penggunaan Lahan, Keamanan Pejalan Kaki, Kenyamanan Pejalan Kaki, Konektivitas Pejalan Kaki, Aksesibilitas Sepeda, Akses terhadap Ruang Terbuka Publik, Akses terhadap Sarana Pelayanan Publik, dan Jarak Berjalan Kaki Menuju Transit. Berdasarkan hasil kesesuaian Stasiun LRT Bekasi Barat menurut kriteria yang relevan, dirumuskan arahan pengembangan Kawasan Berorientasi Transit.
========================================================
Bekasi Barat LRT Station is a train station located in the CBD of Bekasi City. According to Bekasi City Regional Spatial Plan 2024 – 2044, Bekasi Barat LRT Station Area is designated as a Transit-Oriented Development Area. These situations make Bekasi Barat LRT Station Area has a strategic value to be developed as a TOD area. However, the current conditions show that Bekasi Barat LRT Station Area still has some challenges to overcome in promoting non-motorized vehicle mobility. Therefore, this research aims to formulate the Transit-Oriented Development Direction for Bekasi Barat LRT Station Area.
This research uses Delphi analysis technique to explore the relevant Transit-Oriented development Criteria for Bekasi Barat LRT Station Area. Then, descriptive statistics to measure the suitability of Bekasi Barat LRT Station Area in accordance with the relevant Transit-Oriented Development Criteria. Finally, triangulation to formulate the Transit-Oriented Development direction for Bekasi Barat LRT Station Area.
The result of this research shows that there are 10 variables that are relevant as the criteria of Transit-Oriented Development for Bekasi Barat LRT Station Area. Those variables are Building Coverage Ratio, Floor Area Ratio, Land Use Proportion, Pedestrian Safety, Pedestrian Comfortability, Bicycle Accessibility, Access to Public Open Spaces, Access to Public Service Facilities, and Walking Distance to Transit. Following the result of the suitability of Bekasi Barat LRT Station Area in accordance with the relevant criteria, Transit-Oriented Development direction is formulated.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kawasan Berorientasi Transit, LUTI, 5D, LRT, Bekasi Barat, Transit-Oriented Development, LUTI, 5D, LRT, Bekasi Barat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bima Fatwa Muharram
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:48
Last Modified: 08 Aug 2024 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112406

Actions (login required)

View Item View Item