Implementasi Teori Hemat Energi Dengan Arsitektur Responsif Dalam Menciptakan Wisata Kuliner Berkelanjutan

Hutapea, Brigita Imanuella (2024) Implementasi Teori Hemat Energi Dengan Arsitektur Responsif Dalam Menciptakan Wisata Kuliner Berkelanjutan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5013201069 _Brigita Imanuella-pages-1-merged.pdf] Text
5013201069 _Brigita Imanuella-pages-1-merged.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (66MB) | Request a copy

Abstract

Arsitektur berkelanjutan merupakan landasan filosofis dan praktis dalam desain dan konstruksi bangunan yang mengutamakan tanggung jawab lingkungan, efisiensi sumber daya, dan keberlanjutan jangka panjang. Perancangan ini tidak hanya menjadi solusi konkret untuk mengatasi masalah seperti perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya, tetapi juga menciptakan lingkungan binaan yang mendukung keberlanjutan dalam semua aspeknya. Pendekatan yang diambil dalam perancangan ini yaitu pendekatan bioklimatik mencakup penggunaan sumber daya alam sekitar dengan bijaksana, mengurangi jejak karbon, dan menciptakan bangunan yang efisien secara energi. Salah satu aspek kunci adalah pemanfaatan iklim setempat sebagai sumber daya untuk mencapai kenyamanan termal, pencahayaan alami, dan ventilasi yang optimal. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip ini, arsitektur berkelanjutan bukan hanya berusaha untuk meminimalkan dampak negatifnya, tetapi juga menjadi bagian integral dari solusi yang mendukung keseimbangan ekosistem. Dalam konteks ini, perancangan arsitektur berkelanjutan bertujuan tidak hanya menciptakan bangunan yang hemat energi, tetapi juga mencapai keberlanjutan holistik. Ini mencakup pertimbangan etika dalam pemilihan bahan konstruksi, siklus hidup bangunan, dan integrasi teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi energi. Dengan merangkul nilai-nilai ini, diharapkan bahwa arsitektur berkelanjutan dapat menjadi pionir dalam mengarahkan perubahan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sustainable architecture, resource efficiency, long-term longing, bioclimatic approach, energy efficiency, thermal comfort, natural lighting.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA2941 Facades
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Brigita Imanuella Hutapea
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:32
Last Modified: 12 Aug 2024 08:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112418

Actions (login required)

View Item View Item