Analisis Produktivitas Tenaga Kerja di Jawa Timur dengan Pemodelan Geographically Temporally Weighted Regression (GTWR)

Wulandari, Tri Ayu (2024) Analisis Produktivitas Tenaga Kerja di Jawa Timur dengan Pemodelan Geographically Temporally Weighted Regression (GTWR). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5002201141-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf] Text
5002201141-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB)

Abstract

Produktivitas tenaga kerja merupakan salah satu indikator dalam kemajuan pembangunan di Indonesia. Kemajuan pembangunan tersebut harus didorong dengan produktivitas tenaga kerja yang tinggi. Tingkat produktivitas tenaga kerja di setiap provinsi di Indonesia berbeda-beda. Tingkatan tersebut dipengaruhi oleh faktor yang berbeda pada setiap wilayah. Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang memiliki produktivitas tenaga kerja dengan posisi ke-13 di Indonesia pada tahun 2022 dengan nilai sebesar Rp81.330.000 per tenaga kerja. Faktor yang tidak tentu menjadi halangan untuk menentukan faktor signifikan yang memengaruhi produktivitas tenaga kerja tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan model produktivitas tenaga kerja di Jawa Timur dan faktor signifikan dari empat faktor yaitu Upah Minimum Kabupaten/Kota (X1), pendidikan dengan spesifiknya Rata-rata Lama Sekolah (X2), kesehatan yaitu Umur Harapan Hidup (X3), dan garis kemiskinan (X5). Metode yang digunakan adalah Geographically and Temporally Weighted Regression (GTWR). GTWR merupakan regresi terboboti geografis dan temporal dengan mempertimbangkan heterogenitas spasial dan temporal. Data spasial yang digunakan adalah 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dan data temporalnya adalah data tahunan dari tahun 2020 hingga 2022. Hasil estimasi parameter model GTWR secara global menunjukkan bahwa variabel prediktor X1, X2, X3 dan X5 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel respon Y . Hasil estimasi parameter model GTWR secara lokal menunjukkan bahwa variabel prediktor X1, X2, X3 dan X5 memiliki tingkat pengaruh yang berbeda terhadap variabel respon Y pada setiap wilayah pengamatan. Pada penelitian ini, estimasi parameter model GTWR dinilai mampu menggambarkan kondisi aktual produktivitas tenaga kerja di Jawa Timur dengan tingkat keakuratan model berdasarkan RMSE adalah sebesar 18,5859.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA275 Theory of errors. Least squares. Including statistical inference. Error analysis (Mathematics)
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Q Science > QA Mathematics > QA353.K47 Kernel functions (analysis)
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tri Ayu Wulandari
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:37
Last Modified: 06 Aug 2024 08:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112439

Actions (login required)

View Item View Item