Studi Eksperimental Tegangan Regangan Kolom Pendek Beton High Volume Fly Ash (HVFA) Penampang Lingkaran

Robbani, Nathiq Bil Haqqi (2024) Studi Eksperimental Tegangan Regangan Kolom Pendek Beton High Volume Fly Ash (HVFA) Penampang Lingkaran. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035201064_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2035201064_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fly ash atau abu terbang merupakan material baru yang terus dikembangkan dalam dunia konstruksi di Indonesia, jumlahnya yang cukup banyak dan merupakan limbah batu bara, penelitian-penelitian terkait penggunaan Fly Ash ini masih terus dilakukan guna untuk mempercepat pendayagunaan limbah batu bara ini, salah satu hasil pengembangan dari fly ash adalah beton HVFA (High Volume Fly Ash). Menurut beberapa penelitian terdahulu, penelitian perilaku beton HVFA yang ditinjau untuk elemen struktur masih terbatas. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini berfokus pada studi perilaku beton HVFA terkekang dan kolom pendek dengan penampang berbentuk lingkaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah membandingkan beton HVFA terkekang dengan beton HVFA tidak terkekang dengan kriteria pembanding adalah penambahan kuat tekan dan perilaku kurva tegangan-regangan, juga dilakukan pengujian yang sama dengan menggunakan kolom pendek beton HVFA. Benda uji yang digunakan berbentuk silinder dengan ukuran 150 mm x 300 mm sejumlah 12 buah untuk pengujian tegangan-regangan, dan ukuran 100 mm x 200 mm sejumlah 6 buah untuk pengujian kuat tekan dan modulus elastisitas. Pada penelitian kali ini juga menganalisis relevansi rumus P0 kolom pada beton HVFA dengan cara membandingkan kuat tekan masing-masing variasi benda uji. Hipotesis yang direncanakan pada penelitian kali ini diantaranya penggunaan sengkang dapat meningkatkan kuat tekan aksial beton HVFA, rumus P0 kolom pada SNI 2847-2019 masih relevan dan dapat digunakan pada beton HVFA, dan nilai modulus elastisitas yang dibandingkan dengan ACI 318.
Perilaku benda uji kolom beton HVFA pada 2 variasi jarak sengkang 50 mm dan 75 mm memiliki kesamaan, keduanya memiliki pola retak secara vertikal dan memiliki inti beton yang cenderung lebih utuh setelah pembebanan seiring bertambahnya jarak sengkang. Perumusan P0 kolom pada SNI dapat digunakan pada kolom pendek beton HVFA, hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil eksperimen lebih besar dibandingkan dengan perumusan pada SNI dengan perkiraan 58% hingga 67%. Modulus elastisitas beton HVFA didapat sebesar 20389,4 MPa. Tegangan regangan beton HVFA pada pengujian menunjukkan perilaku kolom pendek beton HVFA memiliki perilaku yang cenderung lebih daktail dengan ditandai oleh kurva menurun yang cukup landai. Model analitik Richard digunakan sebagai pendekatan analitik pada pengujian kali ini dengan modifikasi nilai dan , sehingga didapat perumusan yang hampir serupa dengan hasil eksperimen.
==============================================================================================================================
Fly ash or fly ash is a new material that continues to be developed in the world of construction in Indonesia, the amount is quite large and is coal waste, research related to the use of Fly Ash is still being carried out in order to accelerate the utilization of this coal waste, one of the results The development of fly ash is HVFA (High Volume Fly Ash) concrete. According to several previous studies, research on the behavior of HVFA concrete reviewed for structural elements is still limited. Therefore, this research focuses on studying the behavior of confined HVFA concrete and short columns with a circular cross-section. The method used in this study is to compare confined HVFA concrete with unconfined HVFA concrete with the comparison criteria being the addition of compressive strength and stress-strain curve behavior, the same test was also carried out using short columns of HVFA concrete. The test specimens used were cylindrical with dimensions of 150 mm x 300 mm, 12 pieces for stress-strain testing, and 100 mm x 200 mm, 6 pieces for compressive strength and modulus of elasticity testing. This study also analyzed the relevance of the column P0 formula in HVFA concrete by comparing the compressive strength of each variation of test specimens. The hypotheses planned in this study include the use of stirrups can increase the axial compressive strength of HVFA concrete, the column P0 formula in SNI 2847-2019 is still relevant and can be used in HVFA concrete, and the modulus of elasticity value compared to ACI 318. The behavior of the HVFA concrete column test specimens at 2 variations of stirrup distances of 50 mm and 75 mm is similar, both have vertical crack patterns and have concrete cores that tend to be more intact after loading as the stirrup distance increases. The P0 column formulation in SNI can be used on short HVFA concrete columns, the test results show that the experimental results are greater than the formulation in SNI with an estimate of 58% to 67%. The modulus of elasticity of HVFA concrete is obtained at 20389.4 MPa. The stress strain of HVFA concrete in the test shows that the behavior of short HVFA concrete columns has a behavior that tends to be more ductile as indicated by a gentle downward curve. Richard's analytical model is used as an analytical approach in this test with modifications to the values and, so that a formulation is obtained that is almost like the experimental results.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fly Ash, Beton HVFA, Kolom Pendek, Modulus elastisitas, Tegangan-Regangan, Kuat Tekan Aksial, HVFA Concrete, Confined Concrete Stress-Strain, Axial Compressive Strength
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA433 Strength of materials.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA440 Concrete--Cracking.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA444 Reinforced concrete
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.C6 Columns
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Nathiq bil haqqi Robbani
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:06
Last Modified: 23 Aug 2024 01:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112468

Actions (login required)

View Item View Item