Redesain Interior Lantai 7 Kantor Pusat Pemberitaan Radio Republik Indonesia Jakarta untuk Mendukung Revitalisasi Branding sebagai Radio Nasional yang Representatif

Qilbani, Azkya (2024) Redesain Interior Lantai 7 Kantor Pusat Pemberitaan Radio Republik Indonesia Jakarta untuk Mendukung Revitalisasi Branding sebagai Radio Nasional yang Representatif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5029201034_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5029201034_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Radio Republik Indonesia (RRI) adalah lembaga penyiaran radio publik dengan jangkauan siaran terluas di Indonesia. RRI berperan penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat, yang dilaksanakan oleh Pusat Pemberitaan Nasional (Puspem) RRI sebagai pusat jaringan berita nasional. Puspem bertugas menyajikan berita dan informasi terkini, baik dari dalam negeri maupun internasional. Untuk menjaga relevansinya di era digital, RRI melakukan revitalisasi branding dengan salah satu tujuan menjadi entitas radio multiplatform berbasis digital. Salah satu elemen penting dalam radio multiplatform ini adalah programa 3 yang beroperasi di Puspem. Puspem RRI terletak pada lantai 7 gedung RRI Pusat di Jakarta, dengan fasilitas kantor pimpinan dan staf, ruang studio programa 3 dan podcast, ruang pemberitaan, dan ruang komunal baik bagi staf maupun tamu. Perancangan Tugas Akhir ini melakukan redesain pada interior lantai 7 untuk merepresentasikan visi dan misi RRI, sebagai bentuk dukungan terhadap revitalisasi branding RRI. Perancangan akan mengeksplorasi konsep desain menggunakan metodologi design thinking (discover, define, develop, dan deliver) yang dapat memberikan pendekatan holistik dalam mengeksplorasi konsep desain yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan desain interior yang dihasilkan meliputi konsep desain, gambar kerja, gambar perspektif 3D, dan video animasi 3D yang menerapkan visual branding yang dirancang dari transformasi elemen geometris pada logo baru RRI. Penerapan visual branding pada elemen interior yang meliputi plafon, dinding, lantai, dan furnitur merepresentasikan visi dan misi RRI, serta memberi nilai tambah pada desain interior secara fungsional dan estetis. Dengan demikian, hasil desain dapat meningkatkan efektivitas operasional dan mendukung citra RRI sebagai lembaga penyiaran yang representatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: RRI, Kantor, Revitalisasi Branding, Representatif RRI, Office, Branding Revitalization, Representative
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Azkya Qilbani
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:25
Last Modified: 07 Aug 2024 06:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112498

Actions (login required)

View Item View Item