Simulasi Perancangan Sistem Suspensi Semi-Aktif Dengan Kendali PID Pada Kendaraan Roda Tiga (E-Kevik) Di STP Otomotif

Maharani, Thalia Agatha (2024) Simulasi Perancangan Sistem Suspensi Semi-Aktif Dengan Kendali PID Pada Kendaraan Roda Tiga (E-Kevik) Di STP Otomotif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2039201085_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2039201085_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Getaran merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Semakin besar amplitudo getaran, semakin besar pula dampaknya pada organ tubuh pengemudi. Sistem suspensi berperan dalam meredam getaran akibat kondisi jalan yang tidak rata. Sistem suspensi pasif konvensional memiliki kekakuan pegas dan redaman yang tetap, sehingga kurang mampu merespon perubahan bentuk jalan secara dinamis. Science Techno Park (STP) Otomotif, telah mengembangkan kendaraan inovatif bernama E-KEVIK. Kendaraan roda tiga ini, yang dirancang khusus untuk transportasi sayuran, saat ini masih mengandalkan sistem suspensi pasif. Namun, untuk meningkatkan kualitas berkendara, khususnya dari segi kenyamanan pengendara dilakukan pemodelan sistem suspensi semi aktif untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengendara. Proses simulasi dilakukan pada software MATLAB Simulink dengan menambahkan input disturbance gangguan jalan berupa step dan impuls dengan variasi kecepatan. Simulasi dilakukan dengan membandingkan performa suspensi pasif dengan semi aktif dengan dua jenis metode tuning PID yaitu Ziegler-Nichols dan Tyreus-Luyben. Keluaran dari tahap ini berupa grafik yang merepresentasikan car body displacement, dan car body acceleration. Berdasarkan grafik hasil simulasi, penerapan suspensi semi aktif mampu mereduksi getaran dibuktikan dengan persentase penurunan amplitudo getaran hingga 81.5% untuk ZN-PID dan 67.6% untuk TL-PID. Dengan nilai

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Suspensi Semi Aktif, PID, Tyreus-Luyben, Ziegler-Nichols, IS0 2631 , Semi Active Suspension, PID, Tyreus-Luyben, Ziegler-Nichols, IS0 2631.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223.A25 Actuators.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: THALIA AGATHA MAHARANI
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:34
Last Modified: 06 Aug 2024 04:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112531

Actions (login required)

View Item View Item