Pengembangan Experience Pengunjung Digital banking lounge Pada Bank XYZ Melalui Metode Design Thinking

Radityotomo, Revaya (2024) Pengembangan Experience Pengunjung Digital banking lounge Pada Bank XYZ Melalui Metode Design Thinking. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6029231012-Master_Thesis.pdf] Text
6029231012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara bank berinteraksi dengan pelanggan mereka. Salah satu inovasi yang diusung adalah Digital Banking Lounge, yang dirancang untuk memberikan experience perbankan yang lebih nyaman dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pengalaman pengunjung di Digital Banking Lounge Bank XYZ dengan menggunakan metode design thinking.
Design thinking adalah pendekatan yang berpusat pada manusia dan melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan keinginan pengguna. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu empathy, define, ideate, prototype, dan test. Tahap empathy dilakukan dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan survey untuk memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh user. Selanjutnya, hasil dari tahap empati digunakan pada tahap define untuk mendefinisikan masalah yang akan dipecahkan. Pada tahap ideate, hasil yang telah diperoleh pada define dikaitkan dengan metode SCAMPER, yang kemudian diolah menjadi landasan dari prototype rekomendasi solusi desain. Prototype dari solusi yang dipilih kemudian dibuat dan diuji dengan melibatkan pengunjung untuk mendapatkan feedback langsung. Berdasarkan hasil feedback tersebut, maka dilakukan proses iterative.
Hasil pada penelitian ini berupa prototype desain yang mennggunakan landasan konsep futuristic, digital banking, serta comfort & user centered. Hal ini dilandasi oleh kebutuhan experience user pada bank, dengan konsep interior bank yang futuristic, nyaman memberikan kesan elegant dan secure serta suasana bank tetap terasa advanced. Implementasi teknologi digital banking juga diterapkan di berbagai area di lounge, dengan adanya area self service, dan interactive discovery zone, teknologi ini juga memberikan experience baru kepada nasabah dalam mendapatkan pelayanan perbankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital banking lounge, Digital banking, Experience Digital banking lounge, Digital banking, Experience
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design
Depositing User: Revaya Radityotomo
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:36
Last Modified: 08 Aug 2024 05:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112680

Actions (login required)

View Item View Item