Rancang Bangun Sistem Pengendalian Tekanan Udara Pada Tabung Penampung Clean Air Untuk Supply Air Instrument Di Departemen Teknik Instrumentasi ITS

Amarudin, Muhammad (2024) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Tekanan Udara Pada Tabung Penampung Clean Air Untuk Supply Air Instrument Di Departemen Teknik Instrumentasi ITS. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2042201014-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2042201014-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Laboratorium Instrument and Control di Departemen Teknik Instrumentasi belum memiliki pasokan udara untuk operasional alat-alat instrument. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pasokan udara yang dihasilkan oleh kompresor, dilengkapi dengan proses filtrasi untuk menghilangkan kadar air dan debu. Udara bersih yang dihasilkan disimpan dalam tabung yang dilengkapi dengan sistem pengendalian tekanan. Sistem pengendalian ini penting karena ada batas volume tekanan yang aman pada tabung penampung. Untuk mengendalikan pasokan udara yang masuk ke tabung, sistem ini menggunakan pengendalian on/off. Hasil pengujian sensor pressure transmitter yang terpasang pada tabung menunjukkan bahwa sensor memiliki akurasi sebesar 99,60%. Dari hasil uji coba sistem pengendalian tekanan pada tabung, diketahui bahwa sistem akan mati ketika tekanan di dalam tabung mencapai 7,5 bar. Sebaliknya, ketika tekanan turun menjadi 5,5 bar, sistem akan hidup kembali untuk mengisi ulang tabung. Pengujian ini menunjukkan bahwa aktuator bekerja sesuai dengan set point yang diinginkan, memastikan bahwa sistem dapat berfungsi dengan efektif dan efisien. Selain itu, sistem ini dilengkapi dengan human machine interface (HMI) yang digunakan untuk pemantauan secara real-time dan kontrol dari sistem, sehingga memudahkan operator dalam mengontrol dan memantau kinerja sistem. Dengan adanya sistem pasokan udara yang dirancang ini, laboratorium Instrument and Control diharapkan dapat beroperasi dengan lebih optimal, memenuhi kebutuhan udara bersih untuk berbagai alat instrument. Sistem ini dirancang sesuai dengan standar industri, memastikan kualitas dan keandalan dalam penggunaannya.
==============================================================================================================================
The Instrument and Control Laboratory in the Department of Instrumentation Engineering currently lacks an air supply for operating instrumentation equipment. This study aims to design and develop an air supply system produced by a compressor, equipped with a filtration process to remove moisture and dust. The filtered clean air is stored in a tank equipped with a pressure control system, which is crucial due to the safe pressure volume limits of the storage tank. The system uses on/off control to manage the air supply entering the tank. Testing of the pressure transmitter sensor installed on the tank showed an accuracy of 99.60%. The pressure control system testing indicated that the system shuts off when the tank pressure reaches 7.5 bar. Conversely, when the pressure drops to 5.5 bar, the system reactivates to refill the tank. This testing demonstrated that the actuator operates according to the desired set points, ensuring the system functions effectively and efficiently. Additionally, the system is equipped with a human-machine interface (HMI) for real-time monitoring and control, facilitating operators in managing and monitoring system performance. With the implementation of this air supply system, the Instrument and Control Laboratory is expected to operate more optimally, meeting the clean air requirements for various instruments. This system is designed according to industrial standards, ensuring quality and reliability in its usage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air Instrument, Clean Air, Control System, Pressure, Clean Tank
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ357 Pressure regulators
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ990 Compressors
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Muhammad Amarudin
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:23
Last Modified: 23 Aug 2024 07:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112689

Actions (login required)

View Item View Item