Peran Multi-Sensory Design dalam Sense of Place untuk Mengekspresikan Identitas Bali pada Terminal Kedatangan Internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai

Ramadhani, Alya Syarifa (2024) Peran Multi-Sensory Design dalam Sense of Place untuk Mengekspresikan Identitas Bali pada Terminal Kedatangan Internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6029231014-Master_Thesis.pdf] Text
6029231014-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Modalitas sensoris memainkan peran dominan dalam persepsi spasial manusia. Interaksi antara tubuh, imajinasi, dan lingkungan dalam pengalaman interior berkontribusi pada pembentukan memori dari tempat yang dikunjungi. Desain interior bandar udara yang multi-sensoris memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman yang kaya dan efisien bagi penumpang. Bali, sebagai destinasi wisata yang terkenal dengan budaya dan tradisinya yang kaya, menawarkan potensi besar untuk diintegrasikan dalam desain bandara guna memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi pengunjung. Daya tarik Bali terletak pada keindahan alamnya serta keterkaitan holistik antara seni dan kebudayaannya yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali. Bali telah menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di dunia, menarik wisatawan lokal dan internasional dengan seni budaya yang memikat serta warisan tradisional yang masih hidup dan berkembang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran desain multisensori dalam sense of place untuk mengekspresikan identitas Bali pada Terminal Kedatangan Internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara mendalam, studi literatur dan analisis komparatif dengan membandingkan hasil wawancara dengan kondisi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual memiliki peran dominan dalam menciptakan sense of place yang kuat dan mempengaruhi persepsi penumpang. Penelitian ini menyarankan pentingnya integrasi elemen visual dengan panca indera lainnya untuk mencerminkan budaya lokal Bali dalam desain interior bandar udara untuk meningkatkan pengalaman penumpang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multisensory Design, Visual Elements, Perception, Sense of Place, I Gusti Ngurah Rai Airport
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6300 Airport terminals.
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1505 Design--Philosophy
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90021-(S2) Master Thesis
Depositing User: Alya Syarifa Ramadhani
Date Deposited: 10 Aug 2024 09:44
Last Modified: 10 Aug 2024 09:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112741

Actions (login required)

View Item View Item