Perancangan Sistem Pengendalian Kecepatan Brushless DC (BLDC) Motor Menggunakan Metode Field Oriented Control (FOC)

Putra, Rokhmat Rizki Perkasa (2024) Perancangan Sistem Pengendalian Kecepatan Brushless DC (BLDC) Motor Menggunakan Metode Field Oriented Control (FOC). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5009201163-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5009201163-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian terkait kendaraan ramah lingkungan banyak bermunculan salah satunya adalah Electric Vehicle (EV). EV atau kendaraan listrik merupakan kendaraan yang menggunakan listrik sebagai bahan bakar atau energi untuk bergerak. Karena menggunakan listrik, alat penggerak yang digunakan pada EV adalah motor listrik. motor listrik diklasifikasikan menjadi dua kategori utama, yaitu motor AC dan motor DC. Dari kategori motor DC, terdapat motor BLDC atau Brushless DC Motor. Motor BLDC merupakan jenis motor DC (Direct Current) yang tidak memiliki sikat (Brushless) pada bagian rotor untuk komutasi. Pengembangan sistem pengendalian motor BLDC dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Salah satu metode yang dapat diterapkan pada sistem kendali motor BLDC adalah Field Oriented Control (FOC). Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem pengendalian kecepatan motor BLDC menggunakan metode FOC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan sistem dan performansi dari sistem yang dirancang. Penelitian dilakukan dengan mensimulasikan model motor BLDC beserta sistem kontrol nya pada Simulink Matlab. Pada penelitian ini dilakukan beberapa pengujian pada sistem kontrol untuk pengambilan data, pengujian yang dilakukan adalah uji variasi kecepatan dan uji pembebanan sistem kontrol. Variasi kecepatan yang digunakan adalah 100 rpm, 200 rpm, dan 300 rpm sedangkan variasi beban torsi yang digunakan adalah 2 N.m, 4 N.m, dan 7 N.m. Dari hasil penelitian didapatkan sistem dapat bekerja dengan baik dan memiliki error steady state kurang dari 5%. Serta nilai performansi yang baik dengan masing-masing parameter performansi memiliki nilai kurang dari 5%.
===================================================================================================================================
Research related to environmentally friendly vehicles has emerged, one of which is Electric Vehicle (EV). EVs or electric vehicles are vehicles that use electricity as fuel or energy to move. Because it uses electricity, the driving device used in EVs is an electric motor. Electric motors are classified into two main categories, namely AC motors and DC motors. From the DC motor category, there is the BLDC motor or Brushless DC Motor. BLDC motor is a type of DC (Direct Current) motor that does not have brushes (Brushless) on the rotor for commutation. BLDC motor control system development can be done with various methods. One method that can be applied to the BLDC motor control system is Field Oriented Control (FOC). This research will design a BLDC motor speed control system using the FOC method. This research aims to analyze the system design and performance of the designed system. The research was conducted by simulating the BLDC motor model and its control system in Simulink Matlab. In this study, several tests were carried out on the control system for data collection, the tests carried out were speed variation tests and control system loading tests. The speed variations used are 100 rpm, 200 rpm, and 300 rpm while the torque load variations used are 2 N.m, 4 N.m, and 7 N.m. From the results obtained, the system can work well and has a steady state error of less than 5%. As well as a good performance value with each performance parameter having a value of less than 5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: BLDC Motor, FOC, error steady state, performance, Motor BLDC, FOC, error steady state, performansi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2681.O85 Electric motors, Brushless.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rokhmat Rizki Perkasa Putra
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:45
Last Modified: 26 Aug 2024 01:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112774

Actions (login required)

View Item View Item