Analisis Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Bina Marga 2024 Dan Metode Aashto 1993 (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 1 Sta -3+881-9+000)

Yanti, Amarila Kharisma (2024) Analisis Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Bina Marga 2024 Dan Metode Aashto 1993 (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 1 Sta -3+881-9+000). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035201069_UndergraduateThesis.pdf] Text
2035201069_UndergraduateThesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang dapat menunjang peningkatan pertumbuhan perekonomian. Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan salah satu jaringan tol Trans Jawa yang membentang hingga di ujung timur Pulau Jawa yakni Banyuwangi. Hingga saat ini Jalan Tol Trans Jawa telah beroperasi dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 1.056,38 km sehingga diharapkan dengan bertambahnya ruas tol tersebut semakin melancarkan pendistribusian barang, dan jasa, serta meningkatkan roda penggerak perekonomian bagi masyarakat di Pulau Jawa. Perkerasan yang digunakan pada jalan tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 1 berupa perkerasan kaku (rigid pavement). Dalam merencanakan tebal perkerasan kaku, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan diantaranya adalah metode Bina Marga 2024 dan AASHTO 1993. Pemilihan metode perencanaan yang tepat untuk sebuah pekerjaan konstruksi memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu proyek sehingga dibutuhkan adanya pembangunan konstruksi perkerasan kaku yang memenuhi syarat teknis dan biaya yang ekonomis. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian untuk membandingkan tebal pelat beton dan biaya yang digunakan untuk konstruksi perkerasan kaku dengan kedua metode. Hasil penelitian menghasilkan selisih tebal lapis perkerasan antara metode Bina Marga 2024 dengan AASHTO 1993 adalah sebesar 4 cm dengan selisih anggaran sebesar Rp. 135.320.015.803,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Bina Marga 2024 memiliki harga yang lebih ekonomis yaitu sebesar 8,89%.
==================================================================================================================================
Toll roads are highways that can enable the economy’s growth. The ProbolinggoBanyuwangi toll road is part of the Trans Java toll road network that extends to the eastern side of Java Island, Banyuwangi. The Trans Java toll road has been operating from Merak to Probolinggo with a distance of 1,056.38 km so it is hoped that the expansion will facilitate the distribution of goods and services while also providing an economic boost to people in Java. The pavement used on the Probolinggo-Banyuwangi Package 1 toll road is rigid pavement. In planning the thickness of the rigid pavement, several methods can be used, including the Bina Marga 2024 and AASHTO 1993 methods. Choosing the appropriate method is crucial for the success of a project so it requires the construction of rigid pavement that meets technical requirements and is cost-effective. Therefore, a comparison of the thickness and cost of concrete slabs used for rigid pavement construction with both methods is necessary. The results showed that the difference in pavement thickness between Bina Marga 2024 method and AASHTO 1993 was 4 cm with a budget difference of Rp. 135,320,015,803.00. So it can be concluded that the Bina Marga 2024 method has a more economical price of 8.89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku, Tebal Pelat Beton, Bina Marga 2024, AASHTO 1993, Rencana Anggaran Biaya, Rigid Pavement, Concrete Slab, Estimated Construction Cost
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Amarila Kharisma Yanti
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:36
Last Modified: 27 Aug 2024 05:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112796

Actions (login required)

View Item View Item