Pengaruh Derajat Deformasi Plastis Baja Karbon Rendah Grade SS400 Terhadap Korosivitas di Lingkungan Asam Sulfat

Nif'an, Ainun (2024) Pengaruh Derajat Deformasi Plastis Baja Karbon Rendah Grade SS400 Terhadap Korosivitas di Lingkungan Asam Sulfat. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5011201057-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5011201057-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Korosi merupakan fenomena kerusakan alami dari sebuah logam, terutama pada baja karbon rendah. Peristiwa korosi ini tidak dapat dihindari, bahkan kecenderungan baja mengalami korosi dapat lebih cepat ataupun lebih lambat bergantung pada lingkungan yang berada di sekitarnya. Menurut beberapa literatur, baja karbon akan sangat mudah untuk terkorosi apabila baja tersebut dikenai perlakuan pengerjaan dingin. Padahal, pada dasarnya baja karbon cenderung diberikan perlakuan pengerjaan dingin untuk menyesuaikan desain awal mengapa baja tersebut diproduksi, seperti halnya pada infrastruktur sipil maupun pada kendaraan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis perilaku korosi dari baja karbon rendah yang telah dikenai deformasi plastis yang berada pada lingkungan asam. Penelitian ini menggunakan baja karbon standard JIS G3101 grade SS400 yang diberikan derajat deformasi plastis sebesar 10%, 20%, 30%, hingga 40% dan mengujinya dengan metode weight loss dan elektrokimia berupa polarisasi tafel dan EIS di dalam larutan asam sulfat 10%, 20%, dan 30%. Pengamatan korosi pada permukaan dilakukan dengan memakai mikroskop optik, serta melakukan pengujian XRD untuk mengetahui tegangan sisa material. Hasil yang diperoleh pada pengamatan mikroskop optik menunjukkan bahwa tingkat distorsi butir semakin besar seiring dengan penambahan pembebanan. Pengujian XRD memberikan hasil besar tegangan sisa baja terdeformasi mencapai 24.16 MPa. Hal tersebut membuat laju korosi meningkat seiring dengan penambahan derajat deformasi plastis yang diuji menggunakan imersi dan polarisasi tafel. Hasil pengujian EIS juga menunjukkan bahwa resistensi transfer muatan semakin mengecil seiring dengan penambahan pembebanan. Pada penambahan konsentrasi asam juga terlihat menunjukkan bahwa terjadi peningkatan laju korosi dan penurunan resistensi transfer muatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Deformasi, Baja Karbon, Asam Sulfat Deformation, Carbon Steel, Sulfuric Acid
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA467 Iron and Steel Corrosion and protection against corrosion
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ainun Nif'an
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:41
Last Modified: 09 Aug 2024 02:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112803

Actions (login required)

View Item View Item