Perancangan Pendingin Baterai Bus Listrik Nasional

Tobibi, Ahmad Rifqi Brillian (2024) Perancangan Pendingin Baterai Bus Listrik Nasional. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6007221019_Master_Thesis.pdf] Text
6007221019_Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia menjadi Presidensi Group of Twenty (G20) pada tahun 2022 dan telah menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Bulan Oktober di Bali. Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerja sama dengan perguruan tinggi yang lain dan industri telah mengembangkan bus listrik yang diberi nama Bus Listrik Merah Putih (BLiMP) dan berhasil mendukung kelancaran acara tersebut.
Setelah digunakan dalam KTT G20, BLiMP diuji coba di Surabaya sebagai bus kota listrik selama 14 hari. Selama pengujian BLiMP mengalami masalah kenaikan temperatur lebih dari 50 ⁰C. Oleh karena itu, diperlukan pak baterai dan sistem pendingin baru untuk mempertahankan temperatur baterai tidak melebihi 50 ⁰C.
Sistem pendingin yang telah dirancang kemudian disimulasikan dengan berbagai variasi charging dan discharging rate 1,5 C, 2 C, 3 C, 4 C, dan 5 C. Sementara itu variasi debit air pendingin yang digunakan dalam simulasi yaitu 1,5 kg/s, 3 kg/s, dan 5 kg/s. Setelah itu data temperatur maksimal baterai tanpa pendingin dan dengan pendingin dibandingkan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan pendingin baterai mampu menurunkan temperatur baterai. Pendingin baterai mampu mempertahankan temperatur maksimal baterai tidak melebihi 50 ⁰C saat proses pengisian daya dengan kecepatan 5 C menggunakan debit air 5 kg/s.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: baterai, pendingin baterai, sistem pendingin baterai, kendaraan listrik, bus listrik, battery, battery cooling, battery cooling system, electric vehicle, electric bus
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ165 Energy storage.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ahmad Rifqi Brillian Tobibi
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:54
Last Modified: 05 Aug 2024 01:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112925

Actions (login required)

View Item View Item